Ruas jalan Nasionadi Desa Pinang Habang, Kecamatan Amuntai Tengah,  tepatnya berada di Jembatan penghubung antara desa Pinang Habang dan Danau Cermin terancam putus lantaran disuatu titik mengalami retakan yang rawan amblas.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H Husairi Abdi, didampingi Ketua Komisi III DPRD Provinsi kalsel, dan
 Satker Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) wilayah ll Provinsi Kalsel meninjau konidisi jalan ttersebut pada Minggu (5/12).

"Kita juga menerima masukan dan keluhan dari masyarakat terkait banyaknya kerusakan ruas jalan di beberapa titik terutama ruas jalan trans Kalimantan ,"ujar Husairi.
 
Kondisi badan jalan Nasional yang hampir amblas di desa Pinang Habang dan Danau Cermin. Minggu. . (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)

Ketua Komisi III DPRD Provinsi kalsel, H Sahrujani mengatakan peninjauan ini dilakukan disamping untuk memastikan kondisi jalan, pihaknya nanti berencana akan membahas permasalahan ini di forum Rapat Dengar Pendapat (RDP) agar dapat ditemukan solusinya. 

"Kami hari rabu ini berencana akan mengadakan RDP bersama Dirlantas, Dinas Perhubungan, balai Jalan dan lainnya dan maksud kita datang kesini  untuk melihat kondisi yang nantinya kita sampaikan pada rapat tersebut," terang Sahrujani.

Mantan Ketua DPRD HSU ini menilai perlu adanya tindakan yang secepat untuk langkah pertama, seperti papan pemberitahuan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan atau memicu kecelakaan.
 
Plt Bupati HSU H Husairi Abdi Lc bersama Ketua DPRD Kalsel dan anggota DPRD HSU saat meninjau kondisi jalan yang rusak dan peninjauan kondisi banjir di Kabupaten HSU, Minggu. (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)

Sementara perwakilan Satker PJN wilayah ll Provinsi Kalsel, Muhammad Shalafuddin , mengakui pihaknya melakukan peninjauan tersebut guna mengambil langkah awal mengatasi, mengevaluasi serta mengetahui seberapa besar kerusakan yang ditimbulkan. 

Selain itu, katanya karena perlu persiapan yang matang, ia berharap perbaikannya ruas jalan yang rusak dapat secepatnya dilakukan perbaikan. 

Dari pantauan kondisi ruas jalan trans kalimantan yang masuk wilayah Kabupaten HSU, dibeberapa titik mengalami kerusakan cukup parah,  diantaranya ruas perempatan jalan Pariwara dan perempatan Palampitan Hulu yang kerap terjadi kemacetan.

Pada kesempatan itu, Plt. Bupati sekaligus meninjau dan menyalurkan bantuan sembako bagi warga masyarakat yang terdampak banjir.

"Masyarakat agar tetap tenang dan sabar menghadapi musibah, masing-masing menjaga keamanan dan keselamatan diri dan keluarga," katanya.
 
Plt Bupati HSU H Husairi Abdi Lc menyerahkan bantuan sembako kepada warga Desa Pinang Habang dan Danau Cermin yang terdampak musibah banjir yang terjadi dalam satu pekan terakhir. (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)

Husari menyampaikan bantuan yang dihimpun dari Pemerintah Daerah dan swasta berupa 
 berupa 50 karung beras (1 karung 5kg), Gula 50 kg, 1 dus kaleng Sarden, dan enam dos mie instan.

Kepala Desa Pinang Habang Ansyari Mewakili Masyarakat bersyukur dan berterima kasih atas bantuan yang diberikan pemerintah daerah.

"Semoga bantuan ini dapat berguna bagi masyarakat dan bermanfaat untuk keseharian kami yang masih kesulitan akibat adanya banjir ini," katanya.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021