Kotabaru,  (Antaranews Kalsel) - Pemkab Kotabaru, Kalimantan Selatan, menggandeng Pemkab Malang, Jawa Timur, terkait pengembangan pada 11 sektor untuk meningkatkan pelayanan publik di wilayah tersebut.

Penjabat Bupati Kotabaru H Isra, di Kotabaru, Kamis mengatakan, kerja sama ini diharapkan mampu memberikan nilai tambah bagi dua daerah yang memiliki potensi yang hampir sama.

"Dengan adanya penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) akan terjalin kerja sama dalam usaha kedua pemerintah daerah dalam mepercepat pemarataan pembangunan di Kabupaten Kotabaru dan Kabupaten Malang," ujar Isra usai menandatangani MoU dengan pemkab Malang.

Dikatakan, kerja sama tersebut mencakup bidang pendidikan dan pelatihan, kesehatan, pertanian, pengairan dan pertambangan, penanggulangan bencana, kelautan dan perikanan, industri dan perdagangan, lingkunan hidup, tata ruang wilayah, perhubungan, paiwisata, kepegawaian serta pemerintahan.

Selain memaparkan kondisi geografis Kabupaten Kotabaru, Penjabat Bupati Kotabaru juga menyampaikan beberapa perkembangan pembangunan yang selama ini telah dilakukan dan rencana-rencana percepatan pembangunan di Kotabaru.

Pada tahun 2014, Kotabaru menjadi tuan rumah pelaksanaan Hari Nusantara, dalam program pembangunan nasional, Kabupaten Kotabaru akan dijadikan poros Maritim Nusantara, papar Isra.

Bupati Malang, Rendra Kresna menambahkan, Kabupaten Malang yang berpenduduk kurang lebih 3,1 juta jiwa memiliki program andalan di bidang pertanian, perkebunan, kelautan dan perikanan serta sektor-sektor lain seperti pelayanan kesehatan dan pendidikan.

"Kami ucapkan selamat datang dan terima kasih Pemkab Kotabaru telah datang dan melakukan kerja sama dengan Kabupaten Malang," ujarnya.

Sementara itu, usai melakukan penandatangan MoU, kedua kepala daerah langsung melakukan tukar cedera mata.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015