Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polresta Banjarmasin bersama masyarakat melakukan bersih-bersih sungai di kawasan pasar terapung Sungai Martapura di Jalan Piere Tandean Banjarmasin Tengah.


"Kami bersama team Masyarakat Peduli Sungai (Melingai) melakukan kampanye anti membuang sampah ke sungai," ucap Kasat Polair Polresta Banjarmasin AKP Untung Widodo di Banjarmasin, Minggu.

Ia mengatakan, kegiatan bersih-bersih sungai itu dilakukan dengan cara menjaring sampah yang ada di pinggiran sungai ataupun yang larut terbawa arus sungai.

Kegiatan itu dimulai pada Minggu (30/8) pagi sekitar pukul 07.30 Wita dan ini merupakan kegiatan operasi dari team Melingai yang dibantu oleh Satpolair Polresta Banjarmasin.

Bukan itu saja disela-sela acara bersih-bersih sungai itu team Melingai mengimbau kepada masyarakat agar tidak pernah membuang sampah ke sungai dan bersama-sama selalu menjaga kebersihan sungai yang ada di kota setempat.

"Ini merupakan kerja sama yang bagus dan akan dilaksanakan secara rutin dan ini juga merupakan perwujudan dari Gerakan Nasional Indonesia Bersih," tutur pria berpangkat Ajun Komisaris Polisi itu.

Satpolair Polresta Banjarmasin berharap masyarakat bisa lebih mencintai dan menjaga kebersihan sungai karena sungai di daerah ini termasuk salah satu tempat untuk mata pencarian para nelayan.

"Kalau sungai kita bersih ikan pasti banyak dan nelayanpun tidak kesulitan dalam menangkapnya apalagi kota ini juga merupakan kota yang memiliki julukan kota seribu sungai sehingga mari bersama-sama kita jaga sungai agar tetap bersih dan indah serta menjadi tempat wisata," ujar pria akrab dengan awak media itu.

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015