Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H. Achmad Fikry, menyempatkan diri meninjau kegiatan vaksinasi yang diinisiasi Disnakerkop UKMP HSS, di halaman kantor dinas setempat dan diikuti 100 peserta vaksin dari unsur pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di HSS yang menjadi target vaksinasi.

Kepala Disnakerkop UKMP HSS, Hendro Martono, di Kandangan, Jum'at (19/11), mengatakan vaksinasi diberikan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan Disnakerkop UKMP HSS, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Puskesmas Kandangan.

"Tersedia dosis pertama dan kedua dengan jenis vaksin Pfizer, Sinovac, dan Moderna, sedangkan jumlah peserta penerima vaksin ditargetkan sebanyak 100 orang," katanya, dalam keterangan.

Baca juga: Kembali vaksinasi dari rumah ke rumah BIN Kalsel sasar 680 warga HSS

Dijelaskan dia, bersyukur karena tingginya antusias dari peserta penerima vaksin, hal ini disebabkan oleh kesadaran masyarakat yang telah memahami arti pentingnya vaksin bagi kesehatan.

Secara tidak langsung vaksinasi dapat menimbulkan rasa aman dari para pelaku usaha maupun konsumen dalam proses transaksi jual beli mereka, momentum ini menjadi dorongan kuat untuk masyarakat agar dapat kembali beraktivitas normal.

Pihaknya merasa terpanggil untuk mendukung seoptimal mungkin upaya pemerintah daerah dalam rangka pencegahan virus COVID-19 serta mengejar capaian target vaksinasi. Harapannya pelaku UMKM bisa lebih sehat, tentunya produksi mereka kalau sehat akan lebih produktif.

Juga setelah terlaksananya kegiatan ini tingkat capaian vaksinasi di Kabupaten HSS semakin meningkat, sehingga mempercepat terciptanya herd immunity atau kekebalan kelompok di tengah-tengah masyarakat.

Baca juga: 14 titik vaksinasi sehari di Kabupaten HSS

Bupati HSS, H. Achmad Fikry, mengatakan sangat mengapresiasi inisiasi yang dilakukan oleh Disnakerkop UKMP HSS tersebu serta mengatakan capaian vaksin di Kabupaten HSS telah mencapai 41 persen lebih.

"Mudah-mudahan kesadaran masyarakat semakin tinggi untuk vaksinasi ini. Kemarin sudah lumayan mencapai 41 persen, semoga hari ini bisa naik ke 42 persen dan seterusnya," katanya.

Menurut dia, untuk ketersediaan vaksin untuk masyarakat Kabupaten HSS sangat mencukupi, pemerintah akan siap melayani kapan pun masyarakat ingin di vaksin. Bahkan sudah dimulai program vaksinas "door to door", yang tentunya tidak menyulitkan masyarakat karena cukup menunggu di rumah saja untuk mendapatkan vaksin.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021