Balangan - (Antaranews Kalsel) - Memasuki masa kemarau tahun ini, petani di dua kecamatan di Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, mengalami kekeringan lahan pertanian.

Kabid Pertanian  Tanaman Pangan dan Holtikultura, Peternakan dan Perikanan Kabupaten Balangan, Muhtar Hadi, Jumat di Paringin mengungkapkan, sebanyak 53 hektar lahan petani mengalami kekeringan.

"Berdasarkan data saat ini ada dua wilayah yang sudah mengalami kekeringan lahan pertanian, yakni Kecamatan Lampihong dan Juai," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, pihak dinas sudah memberikan imbauan terkait pemanfaatan air sumur bor, terutama untuk mengairi lahan tanaman padi dan lainnya.

Bahkan sebelum memasuki musim kemarau, petani sudah di imbau untuk melaksanakan tanam dua kali dengan cepat, sehingga ketika memasuki musim kemarau, petani sudah memasuki tahap panen.

"Kami sudah melakukan sosialisasi melalui temu lapang siaga el nino dibeberapa wilayah, intinya masyarakat bisa memanfaatkan sumber air yang ada," ujarnya.

Terkait adanya gagal panen (puso) Muhtar mengaku masih belum ada menerima laporan, menurutnya kekeringan saat ini masih dalam batas wajar, namun tetap diwaspadai.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015