Bupati Tapin HM Arifin Arpan berencana berikan hadiah untuk masyarakat saat vaksinasi menyasar ke desa-desa. 

Hal itu untuk menarik minat warga untuk melakukan vaksinasi, rencananya pemerintah daerah akan mengadakan undian berhadiah di setiap kegiatan vaksinasi. 

"Kami turun kelokasi dan sediakan tenaga kesehatan kemudian kita sediakan doorprize untuk masyarakat," ujar bupati, dilaporkan Selasa.

Vaksinasi ke desa-desa itu dianggap masih kurang, pelaksanaan yang diwacanakan bupati sebagai langkah percepatan vaksin demi memenuhi capaian target nasional untuk daerah. 

"Kami akan turun ke desa-desa berkoordinasi dengan camat, kita harus jemput bola," ujarnya. 

Berdasarkan catatan dinas kesehatan, saat ini capaian vaksinasi berada di angka 36,1 persen dengan rata-rata vaksinasi 1.019 orang perhari. 

Angka tersebut masih terlalu rendah jika ingin memenuhi capaian 70 persen vaksinasi di Kabupaten Tapin. Dinas kesehatan harus meningkatkan rata-rata vaksinasi harian hingga tiga kali lipat atau sekita 3.000 vaksinasi perhari.

Kepala Dinas Kesehatan Tapin Alfian Yusuf mengatakan pihaknya siap bekerja keras untuk memenuhi capaian target tersebut.

"Sumber daya kami cukup, kita bisa mengejar target tersebut kalau kita bisa meningkatkan jumlah vaksinasi 3.000 orang perhari. Dengan catatan ada pengumpulan masa di titik tertentu untuk kami suntik," ujarnya saat rapar koordinasi bersama Bupati Tapin.
 

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021