Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS), Syamsuri Arysad, yang juga selaku Ketua DHC 45 HSS kembali mengukuhkan ratusan pemuda-pemudi sebagai relawan Dewan Harian Ranting (DHR) 45, kali ini giliran mereka yang berdomisili di Kecamatan Kandangan dan Kecamatan Sungai Raya, di Aula Kantor Kecamatan Kandangan.

Rekrutment Dewan Harian Ranting (DHR) ini merupakan program DHC 45 HSS, sebagai upaya pewarisan nilai-nilai perjuangan membangun mental, tekad kuat sebagai penerus perjuangan 45, pengukuran dirangkai sosialisasi pewarisan nilai-nilai kejuangan, sekaligus berdialog dengan para Relawan DHC 45 yang sudah dikukuhkan.

"Kami menyampaikan apresisasi dan sangat berterima kasih atas kesediaan para relawan yang bergabung, dan siap untuk berpartisipasi dalam kegiatan DHC ’45 ke depannya," katanya, dalam sambutan pengukuhan, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Relawan DHC 45 Hamak Utara Telaga Langsat bedah rumah veteran

Dijelaskan dia, sudah sepatutnya para pemuda yang masih punya semangat membara, mewarisi semangat juang dari para pejuang terdahulu apalagi untuk Kecamatan Kandangan dan Sungai Raya merupakan kawasan yang menjadi saksi sejarah perjuangan daerah ini.

Tidak ada alasan untuk tidak ikut bergabung melestarikan bilai perjuangan ini, walau dengan cara yang berbeda. Ada banyak pertanyaan bahkan keinginan-keinginan dari mereka untuk dilibatkan untuk dibuatkan kode etik, untuk bersama-sama dalam penanggulangan kemiskinan serta membantu warga kita yang kurang mampu.

Tentu harapan-harapan dari mereka ini akan diperhatikan dan pihaknya meminta untuk mencoba merealisasikan apa saja hal-hal yang dimasyarakat perlu menjadi kegiatan DHR, termasuk tadi juga ada harapan geografi dalam pejuang yang dari sisi-sisi lain selain persoalan perjuangan.

"Yang barang kali juga akan menjadi pewarisan nilai-nilai kejuangan. Ini harapan mereka dan nantinya akan kami diskusikan di tingkat pengurus kabupaten,” katanya.

Baca juga: Wabup HSS : Sepatutnya pemuda punya semangat warisi semangat pejuang

Menurut dia, gerakan ini bisa diawali dengan cara yang paling sederhana, yakni dengan memelihara apa yang sudah dibangun bersama. Tidak menjadi bagian dari mereka yang ikut merusak apa yang sudah dibangun.

Ditambahkan dia, pembangunan itu sendiri merupakan bagian dari perjuangan bangsa dalam mengisi kemerdekaan yang sudah susah payah direbut oleh para pahlawan dan pejuang, ke depan pada akhirnya Relawan DHC ’45 diharapkan selalu bisa menjadi bagian dari kegiatan masyarakat.

Kegiatan kali ini selain diisi dengan acara pengukuhan, juga dilakukan penyerahan bendera plakat dari Ketua DHC kepada dua Ketua DHR, kemudian secara simbolis turut diberikan buku-buku yang berisikan sejarah dan nilai perjuangan bangsa khususnya di daerah HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021