Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad, yang juga selaku Ketua DHC 45 HSS mengukuhkan ratusan pemuda-pemudi, sebagai relawan Dewan Harian Ranting (DHR) 45 didampingi oleh para pengurus.

Acara ini kelanjutan dari pengukuhan serupa yang dilaksanakan sebelumnya untuk Kecamatan Angkinang dan Telaga Langsat, kali ini bertempat di Aula Kantor Kecamatan Simpur kembali dikukuhkan para relawan di Dewan Harian Ranting (DHR) ’45 untuk Kecamatan Simpur dan  Kalumpang.

"Sudah sepatutnya para pemuda yang masih punya semangat membara, mewarisi semangat juang dari para pejuang terdahulu. Apalagi untuk Kecamatan Simpur dan Kalumpang merupakan kawasan yang menjadi saksi sejarah perjuangan daerah ini," katanya, dalam sambutan pengukuhan, Sabtu (6/11).

Baca juga: Relawan DHC 45 Angkinang dan Padang Batung dikukuhkan

Dijelaskan dia, karena hal itulah maka tidak ada alasan untuk tidak ikut bergabung melestarikan bilai perjuangan ini, walau dengan cara yang berbeda. Gerakan ini bisa diawali dengan cara yang paling sederhana, yakni dengan memelihara apa yang sudah dibangun bersama.

Tidak menjadi bagian dari mereka yang ikut merusak apa yang sudah dibangun, karena pembangunan itu sendiri merupakan bagian dari perjuangan bangsa dalam mengisi kemerdekaan yang sudah susah payah direbut oleh para pahlawan dan pejuang. Ke depan pada akhirnya Relawan DHC '45 diharapkan selalu bisa menjadi bagian dari kegiatan masyarakat.

“Pada beberapa hari yang lalu, kami menghadiri kegiatan bedah rumah oleh DHR 45 di Kecamatan Telaga Langsat dan saya menyaksikan sendiri. Rumah itu ternyata adalah rumah janda veteran yang sudah berusia 75 tahun dan relawan-relawan berjibaku di sana untuk merehab rumah beliau," katanya.

Baca juga: Relawan DHC 45 Padang Batung dan Loksado dikukuhkan

Menurut dia, sangat senang dengan adanya kegiatan ini yang mana diharapkan akan menjadi insiprasi, khususnya untuk relawan-relawan lain yang berada di tingkat desa maupun kecamatan, khususnya di Kecamatan Simpur dan Kalumpang.

Sebagaimana pengukuhan sebelumnya, kegiatan kali ini selain diisi dengan acara pengukuhan, juga dilakukan penyerahan bendera plakat dari Ketua DHC kepada 2 Ketua DHR. Kemudian secara simbolis turut diberikan buku-buku yang berisikan sejarah dan nilai perjuangan bangsa, terutama di daerah HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021