Manajemen Angkasa Pura I membantu kesulitan air bersih yang selama ini dirasakan masyarakat Guntung Damar Kelurahan Guntung Payung dengan membuatkan sumur dan menara air di kawasan itu. 

General Manager Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor, Dony Subardono, Rabu menyerahkan bantuan tanggung jawab sosial dan lingkungan berupa fasilitas air bersih itu untuk digunakan warga setempat. 

Bantuan berupa satu buah sumur, satu buah menara air, dan 12 titik distribusi air diserahkan kepada Lurah Guntung Payung Taufik Mubarok didampingi Kepala Bagian Ekobang Setdako Banjarbaru Epiyana. 

"Kami mengerti kawasan Guntung Damar ini merupakan lahan gambut sehingga sulit mendapatkan air bersih dan dan diharapkan melalui fasilitas yang diberikan membantu masyarakat sekitarnya," ujar Dony. 

Diharapkan pula, selain memudahkan masyarakat mendapatkan air bersih, fasilitas yang disediakan mampu meningkatkan derajat kesehatan dan kehidupan warga lebih baik dengan tersedianya fasilitas tersebut.

Dikatakan, pihaknya komitmen untuk terus meningkatkan taraf hidup warga sekitar kawasan bandara melalui bantuan yang bertujuan memudahkan mereka mendapatkan fasilitas untuk pemenuhan hak dasar manusia. 

"Kami sudah melakukan perencanaan jangka panjang berupa program untuk warga sekitar, khususnya terkait air bersih yang menjadi isu utama disini. Rencana ke depan kami memberikan edukasi dan sumber air bersih bekerja sama dengan ahli air," katanya.

Bantuan fasilitas air bersih yang dibangun manajemen Angkasa Pura I disambut positif warga yang merasa sangat senang dan berterima kasih sehingga tidak kesulitan lagi dalam mendapatkan air bersih.

"Kami sangat senang dan berterima kasih kepada manajemen Angkasa Pura I yang memberikan bantuan akses air bersih sehingga tidak perlu menempuh jarak yang jauh untuk mendapatkan air bersih," ucapnya.

Diketahui, bantuan pembuatan sumur dan menara air sebesar Rp75 juta adalah lanjutan bantuan penerangan yang diterima warga Guntung Damar sebelumnya sehingga bisa mengakses penerangan dan air lebih baik.
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021