Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin menyiapkan pembukaan Program Studi Teknik Geologi guna mendukung keberadaan Geopark Meratus di Kalimantan Selatan yang diusulkan menjadi UNESCO Global Geopark.

"Prodi Geologi untuk mencetak sarjana-sarjana yang diharapkan melakukan riset kelestarian lingkungan di pegunungan Meratus terutama aspek buminya untuk pembangunan berkelanjutan," kata Rektor ULM Prof Sutarto Hadi di Banjarmasin, Selasa.

Sebagai tahap awal, ULM menggandeng Program Studi Teknik Geologi, Fakultas Teknologi Mineral Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta yang telah berpengalaman panjang membuka jurusan tersebut.

"Jadi ada transfer ilmu untuk mendukung sumber daya dosen yang nantinya menyokong Prodi Geologi ULM," jelas Sutarto.

Dia menargetkan di tahun 2022 mendatang sudah bisa menerima mahasiswa baru sebagai angkatan pertama Prodi Geologi di Fakultas Teknik ULM.

"Teknis kesiapannya saya serahkan kepada Dekan Fakultas Teknik, makin cepat makin bagus," ucapnya.

Sutarto mengakui pegunungan Meratus yang membentang dari selatan Kabupaten Tanah Bumbu hingga ke utara Kabupaten Tabalong mengandung bebatuan yang langka di dunia dan itu harus dijaga dan dilestarikan.

Untuk pengembangannya dalam upaya konservasi, penelitian, pendidikan, geowisata dan ekonomi kreatif, maka menurut Sutarto diperlukan orang-orang ahli di bidang geologi dan diharapkan lahir dari putra daerah Kalimantan Selatan.
 

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021