Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Tiga dari lima pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Kotabaru, Kalimantan Selatan, menyerahkan kelengkapan berkas persyaratan di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotabaru.

Devisi Teknis Penyelenggaraan, Informasi dan Data, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotabaru Dodi Rusmana, di Kotabaru, Jumat mengatakan, tiga pasangan bakal calon (Balon) bupati dan wakil bupati terdiri dari dua pasangan yang didukung partai politik dan satu pasangan dari independen atau perseorangan.

"Dua pasangan yang didukung partai politik, pasangan M Alamsyah-Rusdiyanto Haleng dan Irhami Ridjani-Syamsul Alam," ujarnya.

Sedangkan balon dari perseorangan atau independen yaitu, pasangan M Iqbal Yudianor-Sahiduddin dengan menyerahkan kekurangan dukungan 7.546 lembar foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Dikatakan, Pasangan Iqbal-Sahiduddin pada tahap awal menyerahkan berkas dukungan sebanyak 26.754, setelah diverifikasi vaktual berkurang menjadi 25.143 dukungan, sehingga untuk menutupi syarat minimal 8,5 persen dari jumlah penduduk Kotabaru, maka masih kurang 1.611 dukungan.

"Dalam masa perbaikan kali ini, pasangan Iqbal-Sahiduddin hanya diwajibkan menyerahkan dua kali lipat kekurangan sebanyak 1.611 dukungan menjadi 3.222 dukungan, tetapi kenyataanya timnya menyerahkan 7.546 dukungan," paparnya.

Devisi Rumah Tangga KPU Kotabaru H Nuir Zazin menambahkan, pasangan Alam-Risdianto dan Irhami-Syamsul juga telah menyerahkan berkas di antaranya, surat keterangan laporan harta kekayaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Surat dari Pengadilan Niaga Surabaya, dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), serta surat keterangan sehat.

Sementara dua pasangan lainya, yakni, pasangan Alpidri Supian Noor-Syafrin Masrin dari perseorangan rencananya akan mendaftar ke KPU Kotabaru pada Jumat pukul 14.00 Wita, sedangkan pasangan Rudy Suryana-Rizky Oktovian Noor yang didukung partai politik akan datang ke KPU Kotabaru sekitar pukul 14.30 Wita.

Pewarta: Imam hanafi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015