Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Cakrawala Komputer, Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) melakukan penyerahan alat dan bahan usaha untuk tiga kelompok rintisan usaha, binaan Program Kecakapan Wirausaha (PKW) tahun 2021.

Pimpinan LKP Cakrawala Komputer, Norlaila Yuliyanti, di Barabai, Senin (18/10), mengatakan penyerahan alat dan bahan usaha merupakan tindak lanjut dari PKW yang merupakan bantuan program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, serta menjadi peran nyata dalam upaya menumbuhkan jiwa wirausaha muda di daerah.

"Ada tiga kelompok rintisan usaha yang kita dampingi setelah mereka mengikuti pelatihan bidang keahlian desain grafis di lembaga kursus kami, masing-masing kelompok beranggotakan lima orang," katanya, saat memberikan keterangan, usai melakukan penyerahan alat dan bahan usaha.
 
Evaluasi praktik materi pelatihan PKW Desain Grafis LKP Cakrawala Komputer 2021 (Antara/Fathur)


Dijelaskan dia, tiga kelompok rintisan usaha tersebut yakni, Dream Net di Jalan Perintis Kemerdekaan Barabai, My Effort Net di Jalan A Yani, Pajukungan dan Media Net di Desa Buluan, Kecamatan Pandawan, yang di mana mereka merupakan anak-anak muda yang tentunya masih produktif dan diharapkan bisa berkreatifitas berwirausaha dalam membuka peluang usaha baru.

Pihaknya berpesan agar alat dan bahan usaha tersebut bisa dimanfaatkan dengan maksimal, alat dan bahan usaha kelompok dipelihara dan jaga dengan baik supaya bisa digunakan dalam waktu yang lama, memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar, tetap semangat dan ters berkreatifitas.

Pendampingan rintisan usaha ini bekerjasama dengan Dunia Usaha, Industri dan Kerja, termasuk lembaga permodalan, hal ini dilakukan agar nantinya apabila para lulusan PKW 2021 ingin mengembangkan usaha dapat mengajukan permohonan pinjaman modal usaha dengan melengkapi persyaratan yang telah ditentukan.
 
Penyerahan alat dan bahan usaha PKW tahun 2021 (Antara/Fathur)


Selain itu, karena saat ini memang dibutuhkan kemampuan dalam mengakses dan memanfaatkan media sosial, LKP Cakrawala Komputer juga menggandeng platform digital "Gevarion Academy", yang juga berhadir sebagai narasumber beberapa waktu lalu dengan materi Cara Pemasaran produk di flatform digital penjualan online "Batutukar" dengan alamat website  https://www.batutukar.id   dan ysbp cyberstore dengan alamat website https://www.ysbp.or.id/toko/.

"Kami berterima kasih atas bantuan program dari kementerian ini, tentunya ini sangat bermanfaat bagi kami sebagai pengelola lembaga kursus dalam melaksanakan pelatihan di lembaga kursus, dan semoga program ini terus berkelanjutan karena kemanfaatannya yang luar biasa," katanya.

Ditambahkan dia, ini sejalan tujuan PKW sendiri yakni dalam mendukung penyelenggaraan layanan pendidikan melalui kursus dan pelatihan untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan menumbuhkan sikap mental wirausaha dalam mengelola potensi diri dan lingkungan yang dapat dijadikan bekal untuk berwirausaha.
 
Penyerahan alat dan bahan usaha PKW tahun 2021 (Antara/Fathur)

Baca juga: PKW 2021 : Generasi muda HST mulai gemari desain grafis bekal wirausaha

Baca juga: Video-Penyerahan alat dan bahan usaha PKW 2020 LKP Cakrawala Komputer

Baca juga: Video-20 siswa PKW 2020 Cakrawala Komputer geluti lima bidang keahlian
 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021