Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Cakrawala Komputer, Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah(HST), dalam Program Kecakapan Wirausaha (PKW) tahun 2020 telah meluluskan 20 peserta program dan akan menggeluti lima bidang keahlian yang diajarkan dalam berwirausaha.

Ketua LKP Cakrawala Komputer, Norlaila Yuliyanti, di Barabai, mengatakan para peserta yang telah mengikuti dan dinyatakan lulus dari program tersebut agar bisa benar-benar mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh selama pelatihan dilaksanakan.

"Dengan adanya keterampilan yang dimiliki tentu akan ada orderan ke lembaga atau rintisan usaha, apalagi dengan adanya jasa pemasaran online, kita memanfaatkan telepon genggam tidak hanya untuk berselfi tapi juga untuk menghasilkan uang," katanya, beberapa waktu lalu dalam penutupan program PKW.

 

Baca juga: PKW 2020, LKP Cakrawala Komputer Barabai latih lima jenis keterampilan sekaligus

Dijelaskan dia, dalam program PKW berbeda dari Program Kecakapan Kerja (PKK) yang sebelumnya telah dilaksanakan LKP Cakrawala Komputer, dalam PKW para siswa dibekali dengan modal usaha secara berkelompok.

Dari 20 siswa terbagi menjadi empat kelompok, dengan anggota empat orang di masing-masing kelompok dalam rintisan usaha, lima rintisan usaha tersebut yakni, Warga Net, Amanah Net, My Girl Net, My Boy Net dan Ikhlas Net.

Adanya modal usaha berusaha alat usaha dan bahan usaha tersebut, diharapkan para lulusan PKW 2020 dapat memulai rintisan usaha dengan mengkolaborasikan keahlian yang diperoleh, seperti dalam desain grafis, video editing, fotografi, jurnalistik maupun pemasaran online.
 
Penyerahan bantuan telepon genggam untuk tunjang pemasaran online (Antarakalsel/Fathur/Ist)


Baca juga: Puluhan siswa kursus desain grafis HST ikuti uji kompetensi

"Handphone yang dimiliki agar dimanfaatkan untuk bisnis, apalagi saat ini zamannya serba digital, semuanya bisa dipesan secara online, adanya rintisan usaha juga untuk menambah penghasilan jadi tidak terus meminta atau membebani orang tua, bahkan bisa meningkatkan kesejahteraaa keluarga," katanya.

Peserta PKW 2020, Riza, mengatakan berterima kasih atas terlaksanakan program PKW, baik kepada LKP Cakrawala Komputer, Disdik HST dan Kemendikbud RI, banyak ilmu dan pengetahuan yang diperoleh, menambah teman dan keterampilan untuk bisa berwirausaha ke depannya.
 
Penutupan Program PKW Tahun 2020 LKP Cakrawala Komputer (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021