Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H Achmad Fikry, mengapresiasi fasilitasi vaksinasi COVID-19 yang dilaksanakan Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Kalimantan Selatan (Kalsel) dari rumah ke rumah.

Ia mengatakan, konsep ini akan mendekatkan layanan vaksinasi kepada masyarakat, dan warga diimbau menggunakan kesempatan layanan ini dengan baik.

"Jika warga kesulitan mendapatkan vaksinasi, nantinya Pemkab HSS akan turun ke lapangan, asal dipastikan saja berapa jumlah yang mau divaksin, konsep ini tentu akan diterapkan dalam pelayanan vaksinasi,” katanya, saat meninjau fasilitasi vaksinasi di Kelurahan Jambu Hilir, Kandangan, Kamis (23/9) kemarin.

Dijelaskan dia, ke depan supaya target vaksinasi di Kabupaten HSS cepat tercapai, konsep "door to door" atau dari rumah ke rumah akan dilakukan, supaya warga tidak ada kendala lagi mendapatkan vaksinasi.

Meski warga sudah divaksin, ia mengajak tetap disiplin menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat mulai dari menggunakan masker saat beraktivitas, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, menghindari kerumunan sampai mengurangi mobilitas.

"Sehingga penyebaran kasus COVID-19 bisa terus ditekan, dan kami berterima kasih kepada BIN yang sudah melakukan vaksinasi, dan kami telah melihat langsung antusias warga melakukan vaksinasi cukup tinggi,” katanya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten HSS sampai Kamis (22/9), dari sasaran vaksinasi COVID-19 di Kabupaten HSS sebanyak 179.527 orang, sudah ada yang menerima dosis pertama, kedua dan ketiga

Sudah mendapatkan vaksinasi dosis pertama sebanyak 43.065 atau 23.99 persen, dosis kedua 26.840 atau 14.95 persen dan dosis ketiga 1.060 atau 39.59 persen.

Fasilitasi vaksinasi BIN bertujuan mendukung pelaksanaan vaksinasi COVID-19 secara nasional, dalam upaya membentuk kekebalan kelompok (herd immunity) masyarakat mencapai 70 persen.

Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Kalsel beserta jajaran turun ke lapangan melakukan vaksinasi, dengan jenis vaksin Sinovak, seperti yang dilakukan di Kabupaten HSS.

Vaksinasi dari BIN bekerja sama dengan Dinkes Kabupaten HSS dengan target 500 orang untuk vaksin dosisi pertama, di Kantor Kelurahan Jambu Hilir, Kecamatan Kandangan.

Juga di Mess PT Antang Gunung Meratus di Desa Ida Manggala, Kecamatan Sungai Raya, dilanjutkan dengan vaksinasi dari rumah ke rumah kepada warga penerima sasaran vaksinasi di Kelurahan Jambu Hilir, Kecamatan Kandangan.

Sekretaris Desa Ida Manggala,  Rosadi Abdi, berterima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo dan BIN yang memberikan perhatian dan memfasilitasi vaksinasi bagi warga Desa Ida Manggala, Kecamatan Sungai Raya.

“Vaksinasi ini merupakan langkah ikhtiar kita bersama dalam menekan penyebaran COVID-19, sehingga aktivitas dan perekonomian kembali normal serta pulih, dan kami menghimbau warga tetap menaati prokes meskipun sudah divaksin,” katanya.

Baca juga: Bupati HSS : Salah satu upaya tingkatkan imun tubuh dengan vaksinasi

Baca juga: GAPKI dan PT SAM donasikan 50 ribu vaksin untuk HSS

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021