Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Kalsel melaksanakan vaksinasi massal dosis pertama untuk pelajar dan masyarakat di Kalsel dengan "door to door" atau dari rumah ke rumah, termasuk di Hulu Sungai Selatan (HSS) dengan persiapan tiga ribu dosis.

Kepala Bagian Operasional BIN Daerah Kalsel, Supriyono, Kamis (23/9), mengatakan vaksinasi di HSS merupakan merupakan arahan Presiden RI dan Perintah Jenderal (Purn) Prof. Budi Gunawan (Kepala BIN) untuk mempercepat program vaksinasi.

"Tujuannya tentunya untuk tercapainya herd imunity pada 70 persen target capaian vaksinasi nantinya secara nasional, di Bulan Desember 2021," katanya, dalam keterangan.

Dijelaskan dia, peranan BIN untuk melindungi masyarakat, dengan turut melaksanakan program vaksinasi dengan sasaran pelajar, santri dan warga secara door to door.

Di Kabupaten HSS, terdapat dua titik pelayanan vaksinasi BIN, yakni di Kelurahan Jambu Hilir dan Sungai Raya, selain pelayanan di tempat juga tim nakes bersama jajaran BIN mendatangi warga sasaran vaksinasi.

Selain di HSS, pihaknya juga memberikan layanan vaksinasi di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), di Kecamatan Simpang, Satu dan Kintap, Kabupaten Tanah Laut di Kecamatan Kintap, Kabupaten Tapin di Kecamatan Hatungun.

Sementara bentuk dukungan menunjang Pembelajaran Tatap Muka (PTM), vaksinasi untuk pelajar dilakukan di SMKN 1 Tanbu, dengan 1.300 dosis, MAN 2 Banjarmasin 1.200 dosis, SMAN 2 Martapura, Ponpes Asmaul Husna Tanbu, 1.500 dosis.

Pelaksanaan vaksinasi massal di Kelurahan Jambu Hilir juga berjalan dengan lancar menerapkan protokol kesehatan, sedari pagi sudah terlihat banyak warga yang mengantri untuk mendapatkan giliran vaksin.

Bupati HSS, H Achmad Fikry didampingi Kepala Dinas Kesehatan, Hj Siti Zainab juga langsung meninjau pelaksanaan vaksinasi tersebut, dan hingga akan ditutupnya layanan vaksin pukul 12.00 Wita masih ada warga yang datang dan tetap dilayani.

Baca juga: BIN Kalsel bawa 500 dosis vaksin datangi rumah warga di Tapin

Baca juga: BIN Kalsel : Covid-19 bisa turunkan partisipasi pemilih pilkada

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021