Luar biasa, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Banjarmasin sekarang bukan lagi dari kalangan kontraktor tetapi justru dari pengusaha katering atau kuliner.

Perubahan kebiasaan tersebut terjadi saat musyawarah Kadin Kota Banjarmasin, 23 Juni 2021 lalu, dimana anggota organisasi kumpulan para pengusaha itu memilih saudara, Akbar.

Dengan terpilihnya Akbar sebagai Ketua Kadin kota maka yang bersangkutan 23 Juli 2021 dilantik oleh Kadin Kalsel yang juga dihadiri oleh Walikota Banjarmasin Ibnu Sina.

Akbar yang tampak masih muda tersebut begitu lancar menceritakan kronologis terpilihnya dirinya sebagai ketua Kadin saat acara podcast "Bapanderan Santai" milik LKBN Antara Kalsel.

Dengan host Aulia Badar yang juga Kepala LKBN Antara Kalsel tersebut, Akbar yang dikenal juga sebagai anggota HIPMI Banjarmasin itu tersenyum lebar ketika ditanya sampai terpilih sebagai orang nomor satu di organisasi bergengsi tersebut.

"Ya saya dipercaya teman-teman sebagai ketua," katanya sambil menjelaskan ada 15 wakil ketua Kadin yang mendampinginya.

Perubahan ini agaknya tak terlepas dari kondisi pandemi sekarang dimana semua sektor "menjerit" akibatnya banyak usaha lain yang dulu berjaya kini justru menukik ikut usaha kuliner dan katering.

Oleh karena itu, Kadin Banjarmasin untuk saat ini lebih fokus ke usaha katering dan kuliner, khususnya dikaitkan sebagai Banjarmasin sebagai destinasi wisata sungai.

"Kita akan jadikan beberapa titik siring sungai yang sudah dibangun menjadi titik sentral kawasan kuliner, seperti Muara Kelayan, Sungai Baru, jalan Pos dan kawasan lain," katanya.

Tetapi Kadin juga tetap melakukan pembinaan terhadap usaha konvensional agar tetap bangkit, seperti kontraktor bangunan, jalanan, pengairan, pengadaan, dan ekspor.

Kadin tetap juga berusaha membina UMKM agar kualitas produk bisa ditingkatkan dan diminati warga luar negeri, sehingga nanti produk UMKM bisa diekspor, tentu hal itu akan dilakukan kerjasama dengan Kadin Pusat.


 

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021