Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H Achmad Fikry menyerahkan penghargaan secara simbolis untuk para pengawas, kepala sekolah, guru dan siswa berprestasi, di halaman kantor bupati setempat.

Kepala Dinas Pendidikan HSS, Hj Siti Erma, di Kandangan, Selasa (7/9), mengatakan penyerahan penghargaan ini sebagai bentuk upaya mendukung pengembangan pendididikan di daerah.

"Pemilihan guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah berprestasi memang telah rutin diselenggarakan setiap tahunnya," katanya, dalam keterangan.

Dijelaskan dia, sebelum diputuskan peraih penghargaan, seleksi telah dilaksanakan selama dua hari bertempat di SMPN 3 Kandangan, tentu saja seleksi ini dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Mereka para penerima penghargaan secara simbolis pada hari ini, antara lain sebanyak tiga orang pengawas sekolah berprestasi, mereka masing-masing dari jenjang TK, SD, dan SMP sederajat.

"Penghargaan juga diberikan untuk tiga orang kepala sekolah berprestasi, untuk masing-masing jenjang TK, SD, dan SMP sederajat.
Kemudian penghargaan diberikan untuk tiga orang guru berprestasi masih jenjang TK, SD, dan SMP sederajat," katanya.

Bupati HSS, H Achmad Fikry, menyampaikan selamat kepada para guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah di semua jenjang yang telah meraih prestasi.

"Semoga prestasi yang dicapai bisa memberikan kontribusi terhadap perbaikan pendidikan di semua sekolahnya masing-masing, dan pastinya bisa menjadi teladan bagi guru guru yang lain," katanya.

Selain untuk pengawas sekolah, kepala sekolah dan guru, pagi tadi diserahkan pula penghargaan kepada para siswa berprestasi perlombaan menyanyi lagu perjuangan.

Lomba menyanyi lagu perjuangan itu diselenggarakan Dinas Pendidikan HSS melalui Museum Rakyat Kandangan. Lomba yang dilaksanakan rutin setiap tahun ini diikuti sebanyak 51 siswa tingkat SD/SMP sederajat.

Para pemenang lomba tersebut adalah tiga orang siswa pemenang lomba tingkat SD, dan tiga siswa pemenang lomba tingkat SMP, bupati mengatakan bahwa lagu perjuangan harus dikenalkan sejak dini agar wawasan kebangsaan siswa bisa berkembang dengan baik.

"Jangan pernah mengabaikan lagu perjuangan, agar para siswa mencintai tanah air sejak dini, dan nantinya setelah mereka remaja dan bertumbuh dewasa mampu mencintai dan menghargai tanah air Indonesia," katanya.

Baca juga: Bupati HSS terima kunjungan tim assessment sekolah Kemendikbud RI

Baca juga: PPKM level III di HSS diperpanjang hingga 6 September 2021

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021