Wakil Bupati Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), H Mansyah Sabri mengunjungi kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) guna memastikan kesiapsiagaan lembaga tersebut dalam menanggulangi bencana, Rabu (25/8).

Wabup mengungkapkan, kedatangannya selain bersilaturahmi juga untuk melihat kesiapsiagaan para anggota BPBD dalam mengawasi kondisi alam dan kebencanaan yang ada di HST saat ini.

"Hal ini dikarenakan, untuk menjaga  segala kemungkinan terjadinya bencana, sehingga membutuhkan kesiapan para anggota BPBD sebagai badan yang ditunjuk untuk merespon dengan cepat berbagai bencana yang kemungkinan bakal terjadi  di Kabupaten HST," kata Mansyah Sabri.

Wabup menyampaikan pesan kepada seluruh ASN dan tenaga lainnya di BPBD, untuk menerapkan disiplin kerja agar segala pekerjaan tidak terbengkalai.

"Disiplin kerja itu merupakan kebiasaan, kalau kita tidak biasa maka akan berat untuk disiplin, selain itu hendaknya kita juga jangan menimbulkan kebiasaan buruk seperti iri hati, dengki, tidak senang dengan orang lain yang mana merusak moral," ucap Wabup.

"Terus tingkatkan pelayanan dalam bekerja, khususnya bagi BPBD yang bersentuhan langsung dengan masyarakat agar selalu sigap baik sebelum terjadi bencana maupun saat terjadi bencana," katanya.

Kepala Pelaksana BPBD HST H Budi Haryanto menyampaikan, kondisi SDM si instansi saat ini untuk ASN sebanyak 10 orang dan tenaga kontrak TRC (Tim Reaksi Cepat) berjumlah 24 orang dengan pola kerja shift.

Selanjutnya Budi menambahkan, untuk visi BPBD mengacu kepada Renstra 2021- 2026 yakni meningkatkan pencegahan, kesiapsiagaan dan mengurangi dampak kerusakan akibat terjadinya bencana.

"Kami memiliki 3 misi, untuk melaksanakan visi ini pertama mengoptimalkan informasi kebencanaan, kedua meningkatkan akses pelayanan masyarakat pada saat tanggap darurat atau krisis dan yang ketiga adalah meningkatkan pelayanan pasca bencana," tuntasnya.

Baca juga: Bantuan terus mengalir, nenek di Datar Ajab dibangunkan rumah oleh masyarakat HST
Baca juga: Transaksi di pondok, empat pengedar narkoba dari Pemangkih ditangkap beserta barbuk 35 paket sabu
Baca juga: Pengedar sabu dari HST ini digerebek saat pijat dan sempat kabur ke hutan

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021