Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H Achmad Fikry dan Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad menyerahkan paket buah untuk tenaga kesehatan (Nakes) dan pasien COVID-19, di halaman ruang isolasi bangsal karantina eksRSUD Kandangan.

Kepala Dinas Pertanian HSS, Muhammad Noor, di Kandangan, Rabu (25/8), mengatakan penyerahan ini juga menandai kegiatan Gelar Buah Nasional (GBN) ke-6 tahun 2021, khususnya di Kabupaten HSS.

"GBN merupakan upaya mendorong peningkatan daya saing serta konsumsi buah nusantara, dan tentunya dengan mengkonsumsi buah sangat dibutuhkan imunitas tubuh dan kesehatan," katanya.

Dijelaskan dia, pembagian paket buah untuk pasien COVID-19 dan petugas kesehatan di bangsal karantina eks RSUD Kandangan sebanyak 95 paket.

Sekaligus kegiatan ini memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76  kemerdekaan RI ke-76, serta mendukung program bangga buah Nusantara.

"Di masa pandemi, masyarakat harus menjaga stamina dan meningkatkan imunitas tubuh dengan lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit," katanya.

Bupati HSS, H Achmad Fikry, mengatakan GBN ini dilaksanakan presiden beberapa waktu yang lalu, sehingga di daerah pun juga melaksanakan hal yang sama, dengan berbagi buah untuk warga yang sedang dirawat di bangsal, juga petugas kesehatannya.

Diharapkan dia, dengan Hari Buah Nusantara animo masyarakat untuk berkebun, bertanam buah-buahan bisa semakin meningkat, karena dari segi kesehatan buah-buahan menjadi menu yang harus dikonsumsi oleh masyarakat.

Momentum ini kegemaran masyarakat untuk mengkonsumsi buah menjadi meningkat, dan petani bisa lebih semangat untuk menanam buah.

"Namun terkadang persoalan pada saat panen bersamaan, harganya turun, dan tentu pemerintah akan terus mengawal jangan sampai nanti pada panen bersamaan nanti harganya murah," katanya.

Baca juga: Inovasi "SIKAWAN-JB" HSS berikan pelayanan petugas langsung datang ke rumah

Baca juga: Bupati HSS presentasikan inovasi Kabah Wilda di hadapan tim Panelis TPI KIPP

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021