Inovasi bidang pertanian Kayapu Membawa Berkah Untuk Wilayah Daerah "Kabah Wilda" telah masuk dalam Top 99 inovasi di Kementerian PANRB, dan Bupati HSS H. Achmad Fikry kembali melaksanakan mempresentasikannya di hadapan Panelis Tim Panel Independen (TPI) Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun 2021, Kementerian PANRB secara daring.

Ia mengatakan, presentasi dilanjutkan wawancara dilakukan guna menuju Top 45 inovasi, dan inovasi ini pemanfaatkan jenis tanaman liar yang tumbuh dan berkembang di lahan rawa lebak yaitu tanaman Kayapu yang banyak terdapat tumbuh di daerah Daha.

"Yang mana Kayapu ini diaplikasikan sebagai mulsa alami yang bisa menghambat atau menekan pertumbuhan tanaman gulma, dapat menjaga kelembaban tanah dan juga dapat meningkatkan hasil produksi," katanya, di ruang media center Setda HSS, Selasa (13/7) kemarin.

Dijelaskan dia, Kayapu ini juga bermanfaat sebagai bahan organik atau pupuk saat pelapukannya, dan dengan kayapu ini dari segi efesiensi anggaran biaya produksinya sangat terasa signifikan semakin berkurang karena untuk biaya pembersihan lahan sangat berkurang.

Ia juga menambahkan bahwa pemanfaatan kayapu ini sangat ramah lingkungan, sehingga sejalan dengan tujuan pihaknya untuk menghasilkan pertanian organik yang tidak tergantung dengan pupuk kimia.

Ketua Kelompok Tani Bawah Pulantan, H. Mahfus, mengatakan sudah mengaplikasikan inovasi Kabah Wilda ini juga membenarkan bahwa dengan menggunakan kayapu di lahan pertaniannya maka biaya produksi yang dikeluarkannya jauh menurun.

"Kita sangat berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten HSS yang sudah mendukung, memfasilitasi dan mendorong kami dengan inovasi Kabah yang sudah kami terapkan ini, kami sangat yakin ini akan bisa membantu pertanian kita terlebih ini juga dilakukan semuanya dengan organik," katanya.

Turut hadir mendampingi Bupati HSS, Sekda HSS H. Muhammad Noor,  Kepala Dinas Pertanian Muhammad Noor, Kepala Bappelitbangda M Arliyan Syahrial, Kabag Organisasi Auliya Sofi Azmi serta Kabag Prokopim Ika Aguspiannor H serta beberapa orang perwakilan petani rawa lebak.

Baca juga: Video-Inovasi Kabah Wilda manfaatkan Kayapu tingkatkan produktiftas pertanian

Baca juga: Upaya Bupati HSS pacu prestasi daerah tingkatkan reward bantu pembangunan

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021