Pengurus Cabang Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PC IPM)  Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan melaksanakan pemilihan pengurus baru periode 2021-2022.

Terpilih sebagai Ketua PC IPM Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Akhmad Solihin yang sebelumnya pernah menjadi Ketua PC Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Banjarmasin Periode 2019-2020.

"Sebenarnya saya tengah fokus mencari kerja selepas kuliah dan kembali ke kampung halaman saya di Hulu Sungai Utara ini,  tapi karena dipercaya menjadi Ketua PC IPM maka saya juga ingin mengabdikan diri untuk daerah saya, " ujar Solihin di Amuntai,  Sabtu (21/8).

Solihin mengatakan, dirinya bersedia menjadi Ketua PC IPM karena dirinya ingin pemuda dan kader Muhammadiyah lebih maju lagi sebagai penerus pembangunan di masa mendatang. 
 
Ketua PC IPM HSU periode 2021-2022 Akhmad Solihin. (Antaranews Kalsel/ Diskominfo HSU/Eddy A)

"Saya berharap PC IPM bisa bekerja sama dan mendapat dukungan dari pemerintah daerah dan organisasi lainnya di Kabupaten Hulu Sungai Utara, " katanya. 

Pada kesempatan itu juga dilantik Muhammad Ihsan sebagai Ketua Umum Pimpinan Komisariat (PK) IMM Jaferi Umar dan Muhammad Mahrijani sebagai Sekretaris Umum beserta seluruh pengurus IMM HSU Periode 2021-2022.

Saar pelantikan juga diselipkan penyampaian orasi kebangsaan oleh Kapolres HSU yang diwakili oleh Wakapolres HSU Kompol M Irfan dan Dandim 1001/HSU-Blg yang diwakili oleh Kasdim Mayor Inf Eko Santoso.

Pelantikan PC IPM ini turut dihadiri Bupati HSU H Abdul Wahid HK, Ketua DPRD HSU yang sekaligus Ketua DPD KNPI HSU Almien Ashar Safari, perwakilan Forkopimda, Ketua PD Muhammadyah HSU H Sulikan Sariyun, Asisten I Setda HSU, Kepala Dinas Pemuda,  Olahraga dan Pariwisata, Kadiskominfo, Camat Sungai Pandan (Alabio), Ketua PK IMM dan tokoh masyarakat setempat. 
 
Bupati HSU H Abdul Wahid HK menyerahkan bantuan peralatan olahraga kepada Ketua PC IPM HSU periode 2021-2022 Akhmad Solihin. (Antaranews Kalsel/ Diskominfo HSU/Eddy A)

Bupati HSU H Abdul Wahid HK dalam sambutannya berharap PC IPM dan PK IMM HSU bisa terus berkontribusi bagi pembangunan di Kabupaten HSU untuk mewujudkan visi HSU MANTAP (Maju,  Mandiri,  Sejahtera,  Agamis dan Produktif). 

"Sebagai oragnisasi yang lahir dari rahim Muhammadiyah,  IPM dan IMM tentu memiliki tujuan untuk membentuk akademisi islam yang berakhlak mulia, dan pergerakan yang dilakukan IMM semata-mata untuk menegakkan dan menjunjung tinggi agama islam," kata Wahid. 

Wahid tak meragukan peran Muhammadiyah termasuk organisasi yang berinduk kepadanya dalam bidang pembangunan ekonomi,  sosial kemasyarakatan dan dakwah yang sudah teruji dimasyarakat. 

Wahid berharap,  para pemuda dan pelajar Muhammadiyah menjadi pelopor dalam setiap kegiatan pembangunan dan menjadi contoh bagi generasi muda lainnya. 
 
Suasana pelantikan Ketua dan pengurus PC IPM HSU periode 2021-2022 dan Ketua PK IMM HSU di Halaman Sekretariat bersama Muhammadiyah HSU di Alabio Kecamatan Sungai Pandam, Sabtu (21/8). (Antaranews Kalsel/ Diskominfo HSU/Eddy A)

Pada kesempatan itu,  Wahid juga mengingatkan tentang ihwal tantangan perkembangan digitalisasi informasi,  agar  generasi muda tidak terpengaruh dampak negatif, salah satunya budaya hedonisme, materialisme dan pragmatisme.

Sementara Ketua KNPI HSU Almien berharap terpilihnya kepengurusan PC IPM yang baru akan lebih terjalin lagi kerjasama dan saling menguatkan antara organisasi-organisasi kepemudaan di Kabupaten HSU. 

"Semoga ini adalah suatu gerakan organisasi yang berdampak positif, baik bagi Organisasi Muhammadiyah sendiri, terlebih bagi masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Utara, " pungkas Almien. 

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021