Pelaihari, (AntaranewsKalsel) - Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Perkebunan Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan Noor Hidayat mengatakan target tanam padi tahun 2015 di 11 kecamaatan kabupaten tersebut, seluas 55.500 hektare.

Menurut Noor Hidayat di Palaihari, Senin, target itu sesuai dengan kebijakan daerah untuk meningkatkan produksi beras bagi Kabupaten Tanah Laut dalam upaya ketahanan pangan bagi daerah.

"Hingga akhir Mei 2015 luas tanam pagi 48.656 hektare dengan produktivitas rata-rata41 kwintal per ha," ujarnya.

Diutarakannya, dari luas tanam padi 55.500 ha tersebut tentunya mampu memberikan kontribusi bagi ketersediaan pangan di Kalimantan Selatan.

"Mudah-mudahan dengan luas lahan tanam padi tahun 2015, kita bisa berkontribusi bagi daerah, khususnya ketersediaan beras," ujarnya.

Dia berharap, petani di Kabupaten Tanah Laut pada musim tanam Oktober-Maret berhasil dengan baik, begitu juga musim tanam April-September.

Bupati Tanah Laut Bambang Alamsyah mengharapkan produksi beras di Kabupaten Tanah Laut dari tahun ke tahun semakin meningkat dan mampu berkontribusi bagi ketahanan pangan.

"Bantuan alat dan mesin pertanian tentunya dapat membantu petani di daerah ini untuk terus meningkatkan hasil panennya," ucapnya.

Begitu pula, lanjutnya, dengan adanya bantuan perbaikan saluran air dan bendung, dapat membantu petani mengatasi permasalahan air bagi sawah mereka.

Lebih lanjut dia mengemukakan, dengan meningkatnya hasil panen padi di daerah tersebut tentunya berdampak pada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani Kabupaten Tanah Laut.

Pewarta: Arianto

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015