Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) menyambut dan memperingati pergantian tahun Hijriah dengan melaksanakan istighosah dan doa bersama secara virtual, di Musholla Ponpes Dalam Pagar Kandangan.

Bupati HSS, H Achmad Fikry, di Kandangan, Selasa (10/8), mengatakan bersyukur dapat kembali memperingati tahun baru Islam 1443 Hijriyah, walaupun pelaksanaannya berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

"Dikarenakan sedang dalam situasi pandemi, namun pelaksanaannya masih dapat dilakukan secara virtual dan diikuti oleh seluruh SKPD, kecamatan dan kelurahan dan desa se HSS dari masing-masing kantor, yang disesuaikan dengan kapasitas ruangan," katanya, dalam keterangan.

Dijelaskan dia, rasa syukur juga karena peringatan kali ini dipimpin Tuan Guru H. Ahmad Syairazi, di mana dulunya sebelum pandemi biasanya tahun baru Islam dilaksanakan di Lapangan Lambung Mangkurat dengan sholawat dan zikir.

Di momen tahun baru Islam 1 Muharram 1443 Hijriyah yang juga bertepatan dengan bulan kemerdekaan, Ia berharap agar dapat dimanfaatkan untuk melipat gandakan ikhtiar, baik lahiriah maupun batiniah dalam melawan pandemi COVID-19.

“Tadi kita sudah bermunajat, berdoa, berzikir kepada Allah SWT, mudah-mudahan dikabulkan, doa merupakan ikhtiar kita, dan saya harap masyarakat tetap selalu mematuhi prokes, karena baik ikhtiar zahir maupun batin itu harus berjalan bersama,” katanya.

Tak lupa, ia mengucapkan selamat Tahun Baru Hijriyah 1443 Hijiriyah,di tengah pandemi mengajak untuk merapatkan barisan dan meningkatkan kebersamaan dalam menghadapi berbagai persoalan yang ada di daerah.

Baca juga: Bupati HSS sampaikan duka cita atas berpulangnya almarhum Bahteransyah

Baca juga: Asrama putri Ponpes Tahfizul Quran Ad Dahlaniah Tambak Bintin diresmikan

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021