Balangan, (Antaranews Kalsel)- Pemerintah Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, menerima Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2015 sebesar Rp46.756.380.000 yang merupakan perimbangan keuangan antara pemerintah pusat dan pemerintahan daerah.


Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Balangan, Akhriani di Paringin, Selasa mengatakan, total DAK yang diterima tahun 2015 sebesar Rp46.756.380.000, dan sudah disalurkan ke masing-masing SKPD di kabupaten setempat.

"Dana sudah disalurkan ke masing-masing SKPD beserta petunjuk pelaksanaan dan teknisnya, tinggal kita tunggu pelaksanaannya oleh setiap SKPD yang menerima anggaran Dana Alokasi Khusus tersebut,"katanya.

Untuk dana sebesar Rp46.756.380.000 tersebut, disalurkan kepada sepuluh Satuan Kerja Perangkat Daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Balangan.

Sepuluh SKPD yang menerima dana tersebut adalah Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas PTPHPP, Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Disperindagkop, Dishubkominfo, BLHK, Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan KB, serta RSUD.

Ia menjelaskan, dana DAK adalah alokasi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) kepada provinsi/kabupaten/kota tertentu dengan tujuan untuk mendanai kegiatan khusus yang merupakan urusan Pemerintah Daerah dan sesuai dengan prioritas nasional.

"Dana Alokasi Khusus termasuk dana perimbangan yang berasal dari APBN, gunakan sesuai dengan petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan," ujarnya.

Akhriani juga berharap, agar berhati-hati dalam menggunakan anggaran, jangan sampai ada kasus penggelapan maupun korupsi anggaran DAK.

"Ada SKPD yang baru pertama kali mendapatkan alokasi anggaran DAK, dan ada SKPD yang sudah lama tidak mendapatkan dana tersebut dan kini kembali mendapatkan anggaran DAK, jadi gunakan dengan baik dan benar," pesannya.

Untuk SKPD yang baru pertama kali menerima anggaran DAK yaitu Disperindagkop, dan untuk Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura Peternakan dan Perikanan, terakhir menerima DAK empat tahun lalu.***3***

(T.KR-HLN/B/H005/H005) 26-05-2015 19:18:15

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015