Bupati Hulu Sungai Selatan(HSS), H Achmad Fikry, memastikan kebutuhan akan ketersediaan oksigen bagi warga masyarakat yang tengah dirawat atau menjadi pasien di RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan kini telah tersedia sehingga tidak perlu merasa khawatir lagi.

Ia mengatakan,  bersama Direktur RSUD H Hasan Basry Kandangan, Hj Rasyidah M Kes menyambut secara langsung kedatangan Truk Tangki PT Samator yang membawa pasokan oksigen medis berbentuk liquid, untuk RSUD Kandangan.

"Kita bersyukur RSUD Kandangan telah mendapatkan pasokan oksigen liquid, oleh karena kami terlebih dahulu mengucapkan terima kasih kepada Pj Gubernur Kalsel yang telah banyak membantu Pemkab HSS, khususnya RSUD Kandangan dalam memenuhi suplai oksigennya," katanya, Jum'at (29/7) kemarin.

Dijelaskan dia, dua hari yang lewat, Pj Gubernur Kalsel kontak dirinya bahwa suplai oksigen untuk HSS sudah dikirim dari Bontang, Kalimantan Timur, dan diperkirakan akan tiba dalam waktu segera walaupun sempat terkendala namun sudah sampai di tujuan.

Meskipun pasokan ini diperkirakan hanya bertahan 5-7 hari saja dengan jumlah pasien maksimal 80 orang, sehingga untuk dapat terus menjamin ketersediaan oksigen untuk pasien, pihaknya akan terus berkomunikasi dengan PT Samator Tanjung.

Bahkan, ia secara khusus menyampaikan terima kasihnya kepada pihak PT Samator Tanjung, yang saat ini turut membantu memprioritaskan pasokan dan suplai oksigen untuk RSUD Kandangan.

“Di waktu-waktu yang memungkinkan, kita akan terus berkomunikasi dan tetap bekerjasama dengan PT Samator Tanjung, untuk memastikan suplai oksigen kita berjalan aman dan lancar, sekalipun nantinya RSUD berencana membeli generator oksigen," katanya.

Direktur RSUD Kandangan, Hj Rasyidah, mengatakan pasokan oksigen liquidnya sempat kosong selama empat hari, namun untuk memenuhi kebutuhan oksigen pasiennya, pihaknya mendapat bantuan dari berbagai pihak.

Menurut dia, stok oksigen didapatkan dari pasar, puskemas, klinik dan rumah rumah warga yang memiliki cadangan oksigen, kemudian disalurkan ke sini sehingga mampu menyambung hidup para pasien hingga saat ini.

Dengan adanya pasokan oksigen liquid dari PT Samator Tanjung ini, ia yakin distribusi dan tekanan oksigen pasien sudah stabil dan mampu bertahan selama 5 hari ke depannya, dengan kondisi maksimal 80 pasien.

"Meski jumlah pasien sempat turun, saat ini kembali pasien mulai berdatangan, apalagi saat ini COVID-19 di Kabupaten HSS dalam fase naik setelah dua minggu baru turun lagi," katanya.

Ia berpesan, kepada masyarakat agar tetap jaga protokol kesehatan karena pandemi COVID-19 masih sangat tinggi di HSS, dan bersama-samalah untu dapat menyelesaikan pandemi ini.

Dan meski sempat kekurangan stok oksigen, pihaknya berkomitmen pihak RSUD Kandangan tidak akan menutup pelayanannya bagaimana pun kondisinya, terlebih sebagai rumah sakit rujukan COVID-19.

Terkait dengan rencana pembelian generator oksigen, dijadwalkan september 2021 ini akan terealisasikan. Generator oksigen ini mampu memproduksi oksigen dengan kapasitas 500 atau 50 tabung per jam.

"Meski telah memiliki generator oksigen ini, kami sependapat dengan Bupati HSS dan kembali membenarkan RSUD Kandangan tidak akan memutus kerjasama penyaluran oksigen liquidnya dengan PT Samator Tanjung," katanya.

Generator oksigen ini sifatnya hanya backup, kalau ada kejadian luar biasa atau kejadian seperti ini terjadi lagi, di mana kebutuhan oksigen akan meningkat drastis.

Bahkan bila ada situasi seperti ini lagi atau darurat lainnya, dengan adanya generator oksigen ini bisa membantu pihak lain yang menbutuhkan stok oksigen secara cepat dan lebih dekat.

Selain menyambut secara langsung kedatangan Truk Tangki PT Samator yang membawa pasokan oksigen medis berbentuk liquid untuk RSUD Kandangan, di areal parkir halaman IGD Komplek RSUD.

Bupati HSS juga menyaksikan proses pengisian dan penyaluran dari Truk Tangki ke Tangki Oksigen Liquid Lox berkapasitas maksimal 4.985 meter kubik milik RSUD Kandangan yang berlangsung kurang lebih 45 menit hingga sopir truk tangki pamit untuk kembali ke PT Samator Tanjung.

Baca juga: Tenda biru RSUD Kandangan untuk antisipasi keluarga pasien yang menunggu

Baca juga: Dokter spesialis di RSUD Daha Sejahtera direncanakan akan ditambah

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021