Sebanyak 86 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kecamatan Kalumpang dan Simpur, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menerima bantuan sosial Program Rumah Sejahtera (PRS) dan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) yang diserahkan secara simbolis di aula Kantor Kecamatan Kalumpang.

Kepala Dinas Sosial HSS, Nordiansyah, di Kalumpang, Rabu (14/7), mengatakan untuk di Kalumpang penerima Program PRS sebanyak 25 KPM dan program UEP sebanyak 7 KPM,  dan untuk Kec. Daha Selatan penerima program PRS sebanyak 36 KPM dan program UEP sebanyak 18 KPM.

"Seperti halnya penyaluran sebelumnya, dalam rangka mensukseskan vaksinasi nasional, Insya Allah para penerima program bansos di dua kecamatan ini akan diberikan vaksinasi pada , Kamis (15/7), " katanya.

Bupati HSS, H Achmad Fikry mengatakan, menyambut baik penyaluran program bansos yang menyebar di seluruh kecamatan di Kabupaten HSS. Penyaluran PRS dan UEP ketiga ini untuk wilayah Kalumpang dan Simpur.

Dijelaskan dia, meski telah melalui proses verifikasi oleh Dinas Sosial dan Potensi Dinsos HSS, ada yang berhak dan tidak namun faktanya masih banyak warga yang menerima PRS dan UEP yang masih harus bersabar, karena masih berada dalam daftar tunggu.

Dari Informasi Dinas Sosial HSS, masih ada 1.400 KPM yang masih berada dalam daftar tunggu, dan berharap dalam dua tahun terakhir masa kepemimpinannya ini dapat yang masih daftar tunggu tersebut dapat diselesaikan.

"Melalui PRS diharapkan seluruh warga masyarakat HSS sudah bisa menikmati rumah yang layak huni atau mendekati rumah sehat. Tidak hanya layak namun sehat karena dilengkapi dengan sarana MCK yang memadai," katanya, yang berhadir bersama Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad.

Sedangkan, melalui UEP,diharapkan penerima memiliki tambahan modal, sehingga pendapatannya meningkat dan lebih banyak dari sebelumnya dan pada akhirnya mampu meningkatkan kesejahteraan KPM.

Dan apabila mereka masih ingin mengembangkan usahanya dengan modal yang lebih banyak, ia mempersilahkan masyarakat untuk menggunakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang telah disediakan oleh pihak perbankan.

"Silahkan ajukan KUR ke bank, jangan pinjam modal ke rentenir, " katanya.

Turut hadir, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda HSS, Camat Kalumpang, Perwakilan Camat Simpur, Dinas Komunikasi dan Informatika HSS dan Perwakilan Bank Kalsel Syariah Cabang Kandangan.

Baca juga: Penerima manfaat semua program pemerintah harus divaksin COVID-19

Baca juga: Pemkab HSS salurkan bansos PRS dan UEP di wilayah Daha

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021