Bupati Hulu Sungai Selatan(HSS) H Achmad Fikry secara simbolis menyerahkan penyerahan Bantuan Sosial (Bansos) Program Rumah Sejahtera (PRS) dan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) HSS Tahun 2021 di wilayah Daha.

Kepala Dinas Sosial HSS, Nordiansyah, di Nagara, Selasa (13/7), mengatakan penyerahan dilakukan untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bansos di Kecamatan Daha Selatan, Daha Utara dan Daha Barat, di aula kantor Camat Daha Utara.

"Di Daha Utara penerima Program PRS 18 KPM dan program UEP sebanyak lima KPM, Daha Selatan PRS 31 KPM dan UEP empat KPM, Daha Barat penerima PRS 23 KPM dan untuk program UEP tidak ada yang diusulkan," katanya.

Bupati HSS, H Achmad Fikry, mengatakan program bansos ini upaya pemerintah untuk terus memberikan pelayanan kepada masyarakat, baik yang rumahnya belum layak huni maupun kepada masyarakat yang ingin mengembangkan usahanya.

Harapan pemerintah tentunya melalui program PRS secara bertahap masyarakat HSS seluruhnya mampu memiliki rumah atau tempat tinggal dan layak huni.

Sementara, dari program UEP mampu membantu penerima untuk mengembangkan usahanya, pendapatannya bertambah sehingga tingkat ekonominya semakin sejahtera.

Kepada penerima program PRS, ia meminta setelah penyaluran ini, penerima bisa langsung perbaiki rumahnya. Karena bantuannya tidak terlalu besar, dirinya berpesan untuk lebih memprioritaskan perbaikan rumah induk terutama ada wc.

“Yang penting hujan tidak kehujanan, kalau panas tidak kepanasan dan bisa enak tidurnya,” katanya, dalam sambutan dan didampingi Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad.

Menurut dia, dengan rumah yang layak huni, selain enak tidur tentunya juga nyaman untuk beribadah, sebagai wujud syukur kepada Allah SWT.

Kepada penerima program UEP, ia sangat berharap bantuan tersebut dapat digunakan sebaik-baiknya untuk mengembangkan usaha yang dijalankan penerima.

"Gunakan untuk tambahan modal untuk mengembangkan usaha, dengan pendapatan yang bertambah jangan lupa sisihkan untuk tabungan yang dapat dijadikan modal tambahan ke depannya," katanya.

Tak lupa, ia mengucapkan terima kasih kepada para camat yang bisa membawa masyarakatnya untuk menerima bantuan, diharapkan bantuan ini bisa bermanfaat untuk semua masyarakat.

Serta ucapan serupa untuk Bank Kalsel Syariah sebagai bank penyalur program bantuan, termasuk potensi sosial, TKSK, Tagana yang ada di tiga daha yang selama ini membantu pemerintah mendampingi warga penerima program.

Turut hadir, Kabag Prokopim Ika Aguspiannor H, Kabid Diskominfo, Camat Daha Utara H. Syamsuri, Camat Daha Selatan, Nafarin, Camat Daha Barat Ahmad Yani,dan Pimpinan Bank Kalsel Syariah Kandangan Khalid V Ramadhiani.

Baca juga: Bimbingan kewirausahaan HSS untuk perempuan rawan sosial ekonomi

Baca juga: Bantuan PRS dan UEF HSS wujudkan rumah layak huni serta modal usaha masyarakat

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021