Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Sosial HSS bekerjasama dengan Tim Pengerak(TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) HSS melaksanakan bimbingan kewirausahaan bagi Perempuan Rawan Sosial Ekonomi (PRSE) Tahun 2021.

Kepala Dinas Sosial HSS, Nordiansyah, di Kandangan, Senin (12/7), mengatakan bimbingan dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 12 dan 13 Juli 2021, diikuti sebanyak 25 orang yang terbagi menjadi dua kecamatan yakni Kecamatan Kandangan dan Kecamatan Padang Batung.

"PRSE adalah salah satu dari 26 jenis Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), khususnya bagi kaum perempuan yang telah berusia 18 sampai 59 tahun yang memerlukan bimbingan dan perhatian dari pemerintah, ataupun lembaga kemasyarakatan," katanya, dalam laporan.

Dijelaskan dia, hal ini agar mereka dapat bangkit atau mandiri dalam upaya pemenuhan kehidupannya sehari-hari, yaitu dengan cara memberikan motivasi dan pembinaan sehingga dapat terhindar dari kemiskinan.

Kegiatan ini dilaksanakan di aula dinas dan ruang dapur Rumah Singgah Naungan Sehati Dinas Sosial, tujuan kegiatan agar kaum perempuan memiliki bakat dan keterampilan, sehingga mereka bisa berwirausaha secara mandiri. Narasumber dihadirkan dari OPT Sanggar Belajar HSS dan Kantor Kementerian Agama HSS.

Ketua TP PKK HSS, Hj. Isnaniah Achmad Fikry, menyambut baik atas terlaksananya kegiatan bimbingan kewirausahaan bagi PRSE dalam rangka turut membantu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga.

"Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa kondisi saat ini masih berada di masa pandemi COVID-19, yang merubah secara dinamis serta berpengaruh kepada penduduk perekonomian masyarakat secara umum," katanya, saat membuka kegiatan.

Ia mengajak, para peserta agar memanfaatkan kesempatan ini sebagai tempat belajar, sehingga mendapatkan keterampilan yang merupakan modal bagi kaum perempuan dalam meningkatkan ekonomi rumah tangga, supaya dapat dikembangkan dan dipraktekkan di tempat masing-masing.

Dapat menjadi peluang usaha untuk menambah penghasilan keluarga, sebagai upaya bersama demi mewujudkan kesejahteraan dunia dan akhirat sebagaimana visi pembangunan daerah daerah.

Baca juga: Bantuan PRS dan UEF HSS wujudkan rumah layak huni serta modal usaha masyarakat

Baca juga: Pemkab HSS kembali salurkan Bansos LKSA, Berupaya dan PKSA

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021