Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H. Achmad Fikry, didampingi Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, kembali menyerahkan bantuan Program Rumah Sejahtera (PRS) dan Usaha Ekonomi Produktif (UEP), untuk penerima manfaat program di Kecamatan Padang Batung dan Kecamatan Loksado.

Kepala Dinas Sosial HSS, Nordiansyah, Jumat (9/7), di Padang Batung, mengatakan bantuan Program Rumah Sejahtera bertujuan untuk mewujudkan rumah layak huni dan UEP dimaksudkan untuk memberikan modal usaha masyarakat.

"PRS ini telah berjalan sejak tahun 2014 yang terus dilakukan dan terus berlanjut hingga sekarang, penyaluran bantuan ini berdasarkan penetapan APBD murni tahun 2021," katanya, dalam laporan.

Dijelaskan dia, total awal penerima bantuan sosial PRS sebanyak 500 orang Keluarga Penerima Manfaat (KPM), lalu ditetapkanlah menjadi 352 orang yang berhak menerima setelah dilaksanakannya verifikasi akhir.

Sedangkan, untuk penerima bantuan UEP ditetapkan sebanyak 106 orang KPM yang juga telah melalui verifikasi tahap akhir se Kabupaten HSS, KPM yang tidak lolos tahap verifikasi di antaranya karena dianggap telah mampu, telah menerima bantuan sejenis, ataupun karena meninggal dunia.

Pada penyaluran bantuan kali ini, KPM yang berhak menerima PRS pada Kecamatan Padang Batung sebanyak 97 orang, dan UEP sebanyak 31 orang, untuk Kecamatan Loksado, penerima PRS sebanyak 26 orang KPM.

"Dengan perwakilan masing-masing empat orang perkecamatan per setiap jenis bansos, bantuan diserahkan langsung secara simbolis oleh Bupati HSS kepada KPM," katanya.

Sebagai bank penyalur bantuan sosial, bantuan akan disalurkan melalui Bank Kalsel Syariah Cabang Kandangan, besarnya bantuan untuk PRS sebesar Rp13.908.000,- per KPM, dan program UEP sebanyak Rp2 juta sampai Rp3 juta per KPM.

Penyaluran bantuan sosial ini akan dilaksanakan pada enam titik, di mana Kecamatan Padang Batung dan Kecamatan Loksado adalah titik pertama yang diserahkan bantuan.

 “Terimakasih kepada bapak bupati, wakil bupati, dan pihak DPRD HSS karena bagaimana pun juga anggaran ini harus dengan persetujuan bersama dari kedua belah pihak. Dalam kondisi pandemi COVID-19, bansos untuk masyarakat kita terus dapat disalurkan,” katanya.

Bupati HSS, H Acmad Fikry, mengatakan inti dari program ini adalah agar masyarakat bisa menempati rumah layak huni dan bisa lebih nyaman di rumah, lalu penyerahan bantuan UEP sebagai modal usaha, yang diharapkan memiliki prospek bagus kepada para pemilik usaha.

Menurut dia, di tengah pandemi COVID-19, pihaknya bersyukur anggaran ini masih bisa dipertahankan berkat dukungan DPRD juga anggaran tidak di refocusing, karena ini menyangkut kepentingan masyarakat.

Diharapkan agar seluruh masyarakat di Kabupaten HSS secara bertahap memiliki rumah layak huni, dan ia juga berpesan kepada KPM untuk sesegera mungkin memperbaiki atau merenovasi rumah, setelah mereka menerima bantuan sosial tersebut supaya dana yang tersalurkan tetap pada tujuannya.

Baca juga: Bupati HSS serahkan bantuan korban kebakaran di Sungai Pinang

Baca juga: Pemkab HSS kembali salurkan Bansos LKSA, Berupaya dan PKSA

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021