Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Perhubungan HSS mengoperasikan kapal feri penyeberangan yang menghubungkan Desa Habirau Tengah dan Tambangan, penggunaan jasa angkutan ini gratis dan sangat membantu aktifitas warga dalam akses transfortasi.

Operator Kapal Feri Dishub HSS, M Murhan, di Nagara, Kamis (1/7), mengatakan kapal ini dioperasikan sejak 11 Februari 2019 lalu, dioperasikan setiap hari kecuali di hari Minggu, dapat memuat penumpang 12 orang dan 12 buah motor untuk sekali angkut.

"Diutamakan juga angkutan ini untuk anak-anak sekolah, dari dari dari Senin sampai Sabtu, dijalankan mulai dari Pukul 7.00 Wita kita bisa berangkat dan sampai pulangnya mereka lagi," katanya.

Dijelaskan dia, penempatan kapal di sini juga karena adanya pondok pesantren dan sekolah, seperti Madrasah Aliyah dan Tsanawiyah, dan anak-anak dari Tambangan sekitarnya harus diseberangkan dulu, sementara dulu kalau mereka ingin menyeberang pakai taksi harus bayar.

Jadi dengan adanya feri penyeberangan ini akan membantu mereka dan orang tua karena mengurangi biaya, dan memang ada jadwal khusus seperti pada setiap hari Rabu biasanya sampai sore karena adanya pengajian di majelis ta'lim.

Begitupun walaupun di hari Jum'at jadwal seharusnya hanya sampai Pukul 11.00 Wita, namun karena memperhatikan aktifitas masyarakat di hari itu maka pelayanan kapal bisa sampai habis Shalat Jum'atan.

Penumpang kapal fery, Sirajuddin, mengatakan berterima kasih atas adanya jasa pengangkutan dari Pemkab HSS, apalagi secara cuma-cuma alias gratis tanpa dipungut biaya, dan ini bisa membantu serta memudahkan penyeberangan, terutama bagi anak-anak sekolah sehingga bisa mengurangi biaya mereka.

Adapun, latar belakang diadakannya fasilitas penyeberangan ini karena banyaknya usulan masyarakat setempat untuk kemudahan akses menyebrang tanpa harus berputar jauh.

Usulan fasilitas kapal penyeberangan ini pun terealisasikan pada masa kepemimpinan Bupati HSS, H Ackhmad Fikry periode kedua di tahun pertamanya, setelah kembali dipercayakan memimpin HSS bersama Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad.

Baca juga: Kebakaran di Sungai Pinang Nagara hanguskan satu rumah

Baca juga: Kondisi rusak jalan Nagara-Kandangan dikeluhkan, akan diperbaiki tahun ini

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021