Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBPPPA)  Hulu Sungai Selatan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Tim Peningkatan Kualitas Keluarga Daerah (PK2D) Kalsel, terkait peningkatan kualitas keluarga di Desa Badaun, Kecamatan Daha Barat.

"Rakor ini merupakan evaluasi pertama terhadap pelaksanaan peningkatan kualitas keluarga daerah ini, dari sini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS sudah banyak mendapatkan masukan dan saran dari pihak provinsi dan untuk tindak lanjutnya nanti sudah terarah," katanya Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PPKBPPPA HSS, Hanti Wahyuningsih, di aula kantor dinas setempat, Kamis (24/6).

Baca juga: HSS berupaya wujudkan peningkatan predikat KLA

Dijelaskan dia, karena saat ini sudah data, di mana itu ada nama, alamat, keluarga-keluarga yang memang masih belum memenuhi dari indikator itu akan ditindak lanjuti di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab HSS.

Misalnya masih ada perkawinan anak, kemudian juga masalah air bersih, jamban, itu nanti akan dituntaskan, untuk evaluasi yang kedua di bulan Oktober, jadi masih ada waktu untuk bisa menindaklanjuti yang belum tuntas tadi, sehingga diharapkan bisa menuntaskan untuk peningkatan kualitas keluarga, khususnya di Desa Badaun.

Kabid KHPK Dinas PPPA Proinvisi Kalsel, Titik Haryanti, mengatakan evaluasi kegiatan TPK2D di Kabupaten HSS tadi sudah dipaparkan Plt Kadis, pada dasarnya evaluasi yang disampaikan sudah cukup bagus dan ada beberapa tambahan.

Baca juga: Verifikasi KLA, Bupati HSS nyatakan komitmen perhatian terhadap anak

"Beberapa fokus kegiatan sasaran dari indikator yang ada itu harus tindakan untuk perbaikan bisa lebih difokuskan, seperti memecahkan permasalahan beberapa keluarga tunggal yaitu perempuan kepala rumah tangga," katanya.

Menurut dia, dalam permasalahan ini harus ditingkatkan kesejahteraannya, ketahanan keluarganya, dengan kegiatan apa. Jadi hanya penambahan-penambahan kegiatan yang lebih fokus untuk memecahkan masalah yang ada di Desa Badaun.

Wakil Ketua Pokja I TP-PKK Provinsi Kalsel, Hairani berharap untuk TP-PKK HSS agar Dasa Wisma supaya benar-benar bergerak, untuk peningkatan kualitas keluarga, karena Dasa Wisma itu langsung di desa tersebut, jadi untuk peningkatannya bisa langsung terhadap masyarakat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021