Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Kalangan legislatif Kotabaru, Kalimantan Selatan, mengapresiasi pencapaian pembangunan tahun ke empat 2014 dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah( RPJMD) menunjukkan peningkatan.

Ketua DPRD Kotabaru Hj Alfisah di Kotabaru, Jumat mengatakan, hampir di semua sektor terjadi peningkatan, baik yang berbasis pada ekonomi kerakyatan, infrastruktur, dan pembangunan kualitas hidup masyarakat.

"Secara umum terjadi kemajuan yang dirasakan mamsyarakat Kotabaru diantaranya bidang kesehatan, pendidikan, perekonomian," kata Alfisah menanggapi penyampaian Laporan Keterangan Pertangung jawaban (LKPJ) 2014 yang disampaikan bupati.

Yang menggembirakan lagi lanjut dia, melihat dari laporan terjadi penurunan angka kemiskinan di Kotabaru secara signifikan, bahkan dari data yang diterima, jumlah kemiskinan di Kabupaten Kotabaru merupakan terendah di provinsi Kalsel.

Sementara, Bupati Kotabaru H Irhami Ridjani dalam LKPJ menjelaskan, mewujudkan visi menjadikan masyarakat Kotabaru yang madani yaitu mandiri, penuh kreativitas, kesejahteraan, tertib, aman dan damai, pemerintahan yang dipimpinnya membuat program lima prioritas pembangunan.

"Penerapan prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan yang baik, Terpenuhinya sarana prasarana umum penunjang pembangunan secara integrativ dan komprehensif, peningkatan kualitas SDM, Peningkatan kemampuan keuangan daerah dan Pemberdayaan masyarakat serta pengembangan ekonomi lokal," ujar Irhami.

Bukti keseriusan pemerintah daerah dalam peningkatan dan pengembangan infrastruktur di Kotabaru telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, salah satu yang menjadi program prioritas pembangunan tersebut yakni, perkembangan penanganan jalan kabupaten, 2014 bertambah menjadi 851,02 Km dari tahun sebelumnya 695,14 Km.

Menurut bupati, masih di tahun 2014 perjuangan peningkatan status jalan lingkar Pulau Laut kususnya jalur Tanjung Serdang-Lontar kini menjadi jalan strategis provinsi. Demikian halnya dengan dimulainya penyusunan DED proyek pembangunan jembatan yang menghubungkan Pulau Laut-Tanah Bumbu.

Bidang penyediaan air bersih, pemda Kotabaru melalui SKPD terkait terus melakukan pengembangan terbukti dengan pembangunan waduk Gunung Bahalang yang kini dalam proses, pengambangan program Pamsimas dan penambahan jaringan PDAM yang 2014 ini mencapai 9.319 sambungan pelanggan dari 2010 hanya 7.668 pelanggan.

Demikian halnya dengan penyediaan aliran listrik hingga ke pelosok desa terus dilakukan, baik penambahan jumlah pengguna yang kini mencapai 38.710 pengguna dari tahun sebelumnya sekitar 36.017 pengguna.

"Bahkan khusus bagi masyarakat di pedalaman dan pesisir, telah dikembangkan penyediaan listrik tenaga surya (PLTS) yang kini sudah dirasakan di 12 kecamatan dengan durasi menikmati listrik 24 jam," ungkap bupati.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015