Program TMMD ke-111 di Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan terus berjalan salah satunya bedah rumah milik janda tua sebatang kara Soirah (62) menjadi lebih layak huni.

Rumah milik warga Desa Suato Lama Kecamatan Salam Babaris di Kecamatan Salam Babaris itu sejak awal dimulai TMMD sudah mulai dikerjakan, sekarang bentuknya sudah mulai terlihat. 

"Tinggal lantai dan pelataran aja lagi," ujar dengan logat khas Jawa. 

Rumah yang semula seperti yang tergambar di lirik lagu "Rumah Kita" milik grup band legendaris God Bless itu berantai beton berlapis marmer putih dan berwarna hijau khas corak TNI.

"Setiap hari tentara datang membangun rumah saya," ujarnya.

Tidak hanya rumah berukuran lebih dari 5x5 dengan kelistrikan lengkap, sarana mandi, cuci dan kakus (MCK) juga dibangun oleh anggota tentara, sebelumnya MCK milik Soirah jauh dari kata layak. 

"Saya ucapkan terimakasih kepada Bapak tentara, saya senang," ucapnya. 

Cerita Kepala Desa Suato Lama di Kecamatan Salam Babaris Mukani, dikatannya wanita yang kerap dipanggil Embah itu sudah menjada lebih dari satu dekade dan tidak mempunyai anak, suaminya meningal karena saki. 

“Embah kesehariannya bekerja sebagai buruh tani, masih sehat. Kalau rumahnya itu adalah warisan dari almarhum suaminya. Sebatang kara di rumah itu tidak ada keluarga namun di sini dia mempunyai satu anak angkat,” ujarnya.
Rumah Soirah sebelum diperbaharui (ANTARA / Muhammad Fauzi Fadilah)

Tahun 1975 akhir era kepemimpinan Presiden Soeharto, Soirah muda bersama suaminya Bugel ikut program transmigrasi bersama 100 KK dari pulau Jawa ke Kecamatan Salam Babaris yang kala itu masih hutan, akses mobilitas waktu itu menuju jalan raya hanya ada jalan setapak berjarak 10 KM.

“Kehidupannya memang sesederhana itu sejak awal sampai sekarang. Suami istri itu berasal dari Pacitan Jawa Timur, datang digelombang terakhir program transmigrasi,” ujarnya.


Baca juga: TMMD ke-111 di Tapin : Pencegahan stunting penting untuk masa depan negara Indonesia

Baca juga: TMMD ke 111 di Tapin : Sosialisasikan tentang resiko pernikahan dini dan hamil di luar nikah

Baca juga: TMMD ke-111 di Tapin buka jalan sepanjang 3,149 KM untuk rakyat

Baca juga: Kisah Soirah wanita sebatang kara yang dapat bantuan dari program TMMD ke-111 di Kalsel

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021