Ketua Persit KCK XXXIII Kodim 1010 Tapin, dr Wahyu Ningsih Lestari, di Rantau, Sabtu, mengungkapkan fakta bahwa pernikahan dini dan hamil di luar nikah di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan memperihatinkan.

“Menurut pengamatan saya angka pernikahan dini dan hamil di luar nikah lumayan tinggi,” ujarnya.

Mengikuti suaminya bertugas sebagai Dandim 1010 Tapin Letkol Inf Andi Sinrang, selama delapan bulan terakhir dia bergabung dengan RSUD Datu Sanggul sebagai spesialis anak, dia mengungkapkan bayi yang lahir  baik dari pernikahan dini ataupun di luar nikah, kelahirannya prematur semua. 

Dikatakannya, bayi yang lahir prematur berisiko mengalami gangguan kesehatan karena kondisi organ tubuh yang belum sempurna, sehingga membutuhkan perawatan intensif.

Orang tua bayi yang dianggapnya belum waktunya hamil itu dikatakannya banyak masih umur anak sekolah. Dari kasus yang ditemuinya di Tapin ibu dari bayi yang dimaksud kondisi rahimnya belum siap untuk mengandung.

“Lumayan banyak, lebih dari 10 orang rata rata hamil diluar nikah. Paling muda usia 14 Tahun. Kondisi bayinya prematur semua ada yang meninggal, ada yang sakit masih saya rawat semua” ujarnya.

Terkait kasus itu, dia prihatin, dikatanya hal itu bisa berdampak buruk untuk kesehatan bayi dan juga ibunya.

Dalam sosialisasi rangkaian TMMD ke-111 bertema “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri” , dia menghimbau bukan hanya untuk masyarakat di wilayah pelaksanaan TMMD di Kecamatan Salam Babaris namun secara umum untuk masyarakat di Tapin.

“Pesan saya mari sama sama merangkul anak muda hingga tidak terjadi lagi hamil di luar nikah karena membahayakan jiwa ibu dan bayinya. Mari kita ajak anak anak kita agar lebih produktif hingga masa depan jadi lebih baik,” pesannya.

DItempat yang sama istri tentara itu juga mensosialisasikan tentang stunting kepada puluhan ibu ibu di desa itu.

Baca juga: TMMD ke-111 di Tapin : Pencegahan stunting penting untuk masa depan negara Indonesia

Baca juga: Kisah Soirah wanita sebatang kara yang dapat bantuan dari program TMMD ke-111 di Kalsel

Baca juga: TMMD ke-111 di Tapin : TNI bersama rakyat gotong royong bangun jalan

Baca juga: TMMD ke-111 di Tapin buka jalan sepanjang 3,149 KM untuk rakyat

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021