Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry menghadiri peringatan hari donor darah sedunia, sekaligus melaunching aplikasi donor darah "Si Berkah" Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten HSS, bertempat di lapangan basket Lambung Mangkurat Kandangan.

Ia mengatakan, selamat hari donor darah sedunia, terimakasih kepada para relawan yang selama ini mendarmabaktikan darahnya untuk kemanusiaan dan pihaknya juga mengapresiasi kepada Ketua PMI dan jajarannya yang telah melaunching aplikasi donor darah.

"Dengan hadirnya aplikasi "Si Berkah" ini dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mengetahui sekaligus juga bisa menjadi media untuk memberikan donor," katanya, saat memberikan sambutan kegiatan, Senin (14/6).
 
Penyerahan penghargaan dan piagam bagi pendonor darah (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Hari donor darah sedunia, PMI HSS pastikan ketersediaan darah

Dijelaskan dia, merupakan tugas bersama sekarang adalah mendorong masyarakat untuk menjadi relawan pendonor, dan juga bersama untuk memasyarakatkan kembali betapa pentingnya arti sebagai pendonor karena setetes darah itu sangat berarti bagi orang lain.

Wakil Bupati HSS selaku Ketua PMI HSS, Syamsuri Arsyad, mengatakan peringatan Hari Donor Darah Sedunia ditandai dengan peluncuran aplikasi, aplikasi ini dengan prinsipnya mempermudah bagi pendonor atau pencari darah.

 "Jadi di aplikasi ini sangat jelas darah yang tersedia berapa, golongannya apa saja itu tersedia kemudian kita juga punya nanti inventaris orang yang selama ini mendonor atau pun orang yang akan mendonor nanti akan ada edukasinya, termasuk mengajak generasi muda untuk mendonorkan darahnya,” katanya.

Menurut dia, selama ini memang kesusahan mencari darah yang tersedia, kalau misal orang di desa tidak memiliki aplikasi mungkin bisa tanya ke tetangga tanya atau ke pihak kecamatan yang memiliki aplikasi ini, sehingga kejelasan darah-darah yang ada itu sangat pasti dan sangat mudah nanti," katanya.
 
Penandatangan MoU pengelolaan dan pelayanan darah  (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: PMI HSS akan luncurkan aplikasi donor darah perlancar informasi

Peringatan pada tahun ini mengambil slogan "Donorkan darahmu, agar kehidupan dunia terjaga (GiveBlood and keep the world beating)", merupakan kampanye semangat solidaritas, kebersamaan dalam menyebarkan nilai kemanusiaan, penghargaan, empati dan kebaikan bagi pendonor darah sukarela di setiap individu, untuk menjadikan dunia lebih baik dan sehat.

Dirangkai penyerahan piagam penghargaan dan cinderamata kepada enam pendonor darah sukarela yang selama ini aktif mendonorkan darahnya, penandatanganan MoU tentang pengelolaan dan pelayanan darah antara PMI HSS dengan RSUD Brigjend H.Hasan Basry Kandangan dan RSUD Daha Sejahtera disaksikan Bupati HSS.

Turut hadir, Ketua DPRD HSS H. Akhmad Fahmi, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, para kepala SKPD di lingkup Pemkab HSS, Ketua dan Wakil Ketua TP.PKK HSS dan Ketua Organisasi Wanita se Kab-HSS dan jajaran PMI HSS.
 
Foto bersama (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021