Dalam rangka memperingati hari donor darah sedunia tahun 2021, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melaksanakan kegiatan donor darah massal, bertempat di sekretariat PMI setempat.

Ketua PMI sekaligus Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk pemenuhan ketersediaan stok darah yang saat ini mulai menipis, sehingga melalui donor darah kebutuhan dapat terpenuhi.

Baca juga: Rapat pertama PMI HSS rumuskan program kerja ke depan

"Kita kepengurusan PMI HSS akan berupaya secara maksimal, untuk bisa memenuhi ketersediaan kantong-kantong darah," katanya, saat memberikan keterangan, Senin (7/6).

Dijelaskan dia,, minimnya ketersediaan darah di PMI Kabupaten HSS disebabkan oleh keterbatasannya para pendonor, terlebih disaat Pandemi COVID-19 seperti sekarang. Pihaknya mencoba menghubungi seluruh stakeholder, untuk berkenan mendonorkan darahnya secara sukarela.

Sementara itu untuk memaksimalkan pemenuhan stok darah, PMI Kabupaten HSS berencana akan melakukan jemput bola ke setiap kecamatan guna mempermudah para pendonor.

Baca juga: Dilantik jadi Ketua PMI HSS, wabup berkomitmen capai pelayanan maksimal

Pihaknya juga masih mencari format yang tepat, karena bagaimana pun nantinya harus mempunyai fasilitas yang mampu menunjang penyimpanan darah-darah yang diambil di kecamatan.

"Dengan momentum hari donor darah sedunia kali ini diharapkan masyarakat dapat tergerak untuk mendonorkan darahnya, dan kemudian akan disalurkan kembali kepada yang membutuhkan," katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021