Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) melakukan pembinaan kepada puluhan wira usaha baru (WUB) sektor kerajinan kain Sasirangan.

"Ada 30 pengrajin kita bina, buat Sasirangan pewarna alam, kimia dan air guci," ujar Plt Kepala Disperdagin Kota Banjarmasin Ichrom Muftezar di Balaikota Banjarmasin, Senin.

Menurut dia, sebanyak 30 pengrajin Sasirangan tersebut merupakan peserta WUB yang dibina instansinya.

Para pengrajin, lanjut Tezar, panggilan akrabnya, akan mengikuti pelatihan 7--10 Juni.

Menurut dia, gelar pelatihan dibagi menjadi tiga tempat yang masing-masing tempat terdiri dari 10 orang.

"Tahun sebelumnya untuk pelatihan kita gabung sekaligus 30 orang tapi tahun ini kita bagi 3 tempat. Jadi selain menciptakan wirausaha yang baru, kita juga terus menjaga para peserta agar terhindar dari COVID-19," ucap Tezar.

Ia berharap dari pembinaan tersebut agar para peserta mampu meningkatkan taraf kesejahteraan hidupnya khususnya mampu menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat di Kota Banjarmasin.

"Mudah-mudahan kedepannya mereka sebagai peserta tumbuh menjadi wirausahawan di kota Banjarmasin yang mampu mendongkrak kesejahteraan sendiri dan kedepannya bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru, untuk warga kota banjarmasin khususnya," ucapnya.

Pejabat Wali Kota Banjarmasin Akhmad Fydayeen mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Disperdagin tersebut, karena sangat membantu perekonomian para peserta wira usaha baru saat masa pandemi COVID-19.

"Alhamdulillah sangat bagus sekali, sehingga kedepannya para pengrajin kita makin hari makin banyak makin berinovasi makin bercorak ragam sehingga ini menarik dan sangat diminati di masyarakat kita dan Indonesia pada umumnya," paparnya.

"Mudah-mudahan sampai bisa ke luar ini yang memang kita dambakan demikian. jadi, kedepannya akan menjadikan perekonomian kita dalam hal ini penghasilan warga kita akan menjadi bagus, baik dan meningkat," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, pada periode kepemimpinan Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina, yakni, 2016--2021 mempunyai visi dan misi menciptakan sebanyak 2.500 wira usaha baru.

Pewarta: Sukarli

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021