Industri semen merk "Tiga Roda" PT Indocement Tunggal Prakarsa di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, komitmen untuk mendukung pengembangan objek wisata di "Bumi Saijaan" khusunya objek pariwisata Goa Lowo.

Ketua BUMDes Pesona Rejo Jaya, Tri Widodo di Kotabaru Ahad mengatakan, peran perusahaan tersebut dalam membantu pemerintah maupun masyarakat sangat terasa manfaatnya.

"Salah satu yang kami rasakan adalah adanya dukungan PT Indocement Tunggal Prakarsa dalam membangun taman bunga, kebun buah dan kolam renang serta bangunan lainnya di lokasi objek wisata Goa Lowo," katanya.

Sungguh luar biasa salah satu objek wisata tersebut, dari sisi infrastruktur pendukung dan hal lainnya terlihat sangat begitu bagus dan itu menjadi salah satu kebanggaan bagi  pemerintah desa.

Menurutnya, hal tersebut tidak terlepas dari dukungan dan support penuh dari salah satu perusahaan-perusahaan yang ada di Kotabaru khusunya PT Indocement.

Bermula dari pemikiran pengembangan daerah untuk dijadikan sebagai sektor pariwisata yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

"Dalam perjalanannya, pembangunan dilaksanakan secara bertahap dan itu mendapat dukungan dari masyarakat Tegalrejo yang tentunya menjadi modal utama dalam merealisasikan rencana pengembangannya, dan pastinya juga didukung penuh dari PT ITP Tarjun,” ujarnya.

Ia berterimakasih kepada PT ITP yang telah membantu dalam pengembagan rencana wisata Goa Lowo yang secara tidak langsung memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat dan untuk kemajuan pembangunan didaerah.

Senada dengan itu, Kepala Desa Tegalrejo, Safruddin mengungkapkan, dalam rangka pengembangan wisata Goa Lowo pemerintahan desa ikut mendukung dengan memberikan penyertaan modal.

"Dengan pengelolaan yang baik dilakukan oleh BUMDes tentunya akan memberikan kontribusi bagi Pendapatan Asli Desa Tegalrejo sendiri. Selain itu juga seiring dengan visi misi Pemerintah Daerah Kabupaten Kotabaru yang salah satunya adalah peningkatan sektor pariwisata," imbuhnya.

Sementara, Kepala Pusat Pelatihan Pemberdayaan (P3M) Indocement Tarjun, I Wayan Kedep Sudhiarta menjelaskan, sebagai salah satu desa yang masuk dalam wilayah binaan Indocement. Oleh karenanya, perusahaan berkomitmen untuk memberikan dukungan dan support bagi wisata Goa Lowo.

"Indocement selain membantu membangunkan berbagai fasilitas infrastruktur, perusahaan juga memberikan pelatihan bagi Sumber Daya Manusia (SDM) dan ini merupakan bentuk nyata ikut berpartisipasi dalam upaya pengembangan wisata Goa Lowo dan bagi desa-desa mitra itu sendiri, yang diharapkan akan memberikan dampak baik bagi kemajuan pembangunan dan peningkatan ekonomi masyarakat," pungkasnya.

Pewarta: IH

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021