Bupati Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel) H Abdul Hadi SAg MIKom mengatakan, untuk membangkitkan ekonomi kerakyatan di kabupatennya ke depan melalui kepariwisataan.

Orang nomor satu di jajaran pemerintah kabupaten (Pemkab) Balangan tersebut mengemukakan itu di sela-sela Musyawarah Wilayah (Muswil) IX Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kalsel di Banjarmasin, dinihari Senin (31/5).

Menurut dia, "Bumi Sanggam" Balangan juga memiliki objek wisata potensial yang bisa mendorong atau membangkitkan ekonomi kerakyatan setempat pascakegiatan pertambangan.

Sebagai contoh Bumi Sanggam Balangan juga memiliki kawasan air terjun yang panorama keindahan alamnya cukup menarik di antaranya di wilayah Kecamatan Halong serta air terjun Riam Bainggi Desa Dayak Pitap Kecamatan Tebing Tinggi.

Abdul Hadi yang juga Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PPP Balangan tersebut mengaku, sarana dan prasarana untuk ke objek wisata alam kawasan Pegunungan Meratus berupa air terjun itu belum memadai.

"Karen itu dalam perubahan APBD Balangan Tahun Anggaran (TA) 2021 kami akan kami alokasikan pembuatan badan jalan. Kemudian pada APBD Balangan 2022 untuk peningkatan dan 2023 pengaspalan," ujarnya menjawab Antara Kalsel.

"Jadi tahun 2024 sudah tak masalah lagi untuk infrastruktur jalan menuju objek wisata air terjun yang ketinggiannya mencapai 20 meter serta lebar sekitar empat meter," demikian Abdul Hadi.
Indahnya panorama alam air terjun kawasan Pegunungan Meratus, Kalimantan Selatan (Kalsel). Bupati Balangan H Abd Hadi bersama nyonya sedang memandang keindahan panorama aur terjun Riam Bainggi Desa Dayak Pitap Kecamatan Tebing Tinggi. (Ragil/Ant Kalsel)

Bumi Sanggam Balangan merupakan daerah pemekaran dari Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalsel Tahun 2003 bersamaan berdirinya Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) pemekaran Kotabaru - kabupaten paling timur provinsi tersebut.




 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021