Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Gubernur Kalimantan Selatan H Rudy Ariffin mengajak insan pers untuk bersama-sama menyukseskan pemilihan kepala daerah atau Pilkada Kalimantan Selatan yang dijadwalkan Desember 2015.

"Tanpa partisipasi pers mungkin sulit mencapai sukses dalam Pilkada kali ini," kata Gubernur saat pembukaan turnamen futsal antardesk yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalsel, di Banjarmasin, Sabtu.

Menyukseskan Pilkada tersebut, tambah Gubernur yang akan mengakhiri masa jabatan periode kedua itu, pers harus memberikan pencerahan kepada masyarakat.

Selain itu, pers juga mampu memberikan pendidikan politik yang benar, serta sportivitas melalui pembuatan pemberitaan atau karya jurlanistik terkait Pilkada, lanjutnya dalam sambutan yang dibacakan Asisten III Sekdaprov Kalsel Haris Karno.

Dalam sambutannya, Gubernur juga menyatakan pers memiliki peranan penting dalam pembangunan. "Karena tanpa peran pers, sulit meningkatkan keberasilan pembangunan," demikian Rudy Ariffin.

Sementara itu, Ketua PWI Kalsel Fathurrahman juga mengingatkan, agar insan pers atau anggota organisasi kewartawanan tersebut selalu menjunjung tinggi sportivis dalam tugas-tugas keseharian.

"Memang insan pers/wartawan bukan cuma dalam turnamen olahraga, seperti futsal dituntut sportivitas, tapi juga sejak lama dalam tugas-tugas keseharian sebagai jurnalis," kata Ketua PWI Kalsel dua periode itu.

"Sebagai contoh sikap sportivitas tersebut, seorang wartawan/pers tak boleh mambuat berita bohong atau yang tidak berdasarkan pada fakta," katanya.

Di Kalsel pada akhir 2015, selain pemilihan calon gubernur dan wakil calon gubernur Pilcagub/pilcawagub), juga ada tujuh dari 13 kabupaten/kota di provinsi tersebut yang melaksanakan Pilkda secara serempak/bersamaan.

Tujuh kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada tersebut, yaitu Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Hulu Sungai Tengah (HST), Balangan, Tanah Bumbu (Tanbu) dan Kabupaten Kotabaru.

Gelar turnamen futsal tersebut dalam rangkaian peringatan Hari Pers Nasional Daerah (HPND) Kalsel tahun 2015, yang puncak acaranya di Tanjung (236 kilometer utara Banjarmasin), ibu kota Kabupaten Tabalong 13 April mendatang.







Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015