Anggota Komisi II Bidang Ekonomi dan Keuangan DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) H Haryanto SE berpendapat, ada yang memungkinkan provinsinya bisa contoh dari hasil studi komparasi kepariwisataan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Sebagai contoh dalam hal memberdayakan perhotelan dalam masa pandemi COVID-19, ujar wakil rakyat dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menjawab Antara Kalsel di Banjarmasin, usai shalat Zhuhur - sehabis rapat paripurna DPRD provinsi setempat, Kamis (27/5) siang.

Mantan auditor pada Departemen Keuangan (Depkeu) Republik Indonesia itu mengaku tertarik dengan cara pemerintah DIY dan respon semua pihak dalam memberdayakan perhotelan di daerah mereka pada masa pandemi COVID-19.

"Pemerintah DIY menganjurkan pegawainya agar menginap selama dua malam di  hotel daerah mereka pada setiap kesempatan. Dengan cara seperti itu geliat perhotelan DIY tetap, tidak sampai mati," ungkap wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel I/Kota Banjarmasin tersebut.

"Mungkin cara seperti DIY lakukan itu yang bisa kita contoh. Kalau yang lainnya kemungkinan agak berat bisa mencontoh - bukan berarti tidak memungkinkan untuk kita contoh," katanya dengan suara lembut dan nada santun.

Pasalnya, lanjut salah seorang pengasuh Sekolah Islam Terpadu "Ukhuwah" di jalan lingkar selatan dalam Banjarmasin itu, lompatan kepariwisataan DIY sudah cukup jauh dan tinggi.

Selain itu, destinasi wisata DIY seakan sudah menyatu dengan kehidupan masyarakat setempat serta dengan dukungan pemerintah daerahnya seperti memberikan subsidi kepada pengelola objek wisata.

"Hal lain yang menguntungkan kepariwisataan DIY di antaranya bisa/ mudah terjangkau wisatawan nusantara terutama bagi mereka yang tinggal di Pulau Jawa dapat menggunakan transportasi darat," lanjutnya.

"Berbeda dengan Bali yang mengandalkan wisatawan mancanegara (Wisman) dan menggunakan pesawat udara pada masa pandemi COVID-19 menjadi terkendala," demikian Haryanto.
 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021