Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kebutuhan akan kehadiran jaringan super cepat jaringan selular 4G LTE (Long Term Evolution) nampak sudah begitu mendesak bagi masyarakat saat ini. 

Kalimantan Selatan khususnya Banjarmasin dengan pengguna smartphone yang sangat besar merupakan pangsa potensial bagi operator selular. 

Hal tersebut dibuktikan dengan antusiasnya penggunaan produk-produk baru handphone dari merk terkenal dan mahal seperti Iphone 6 hingga buatan china yang tergolong murah dengan keunggulan fasilitas yang lengkap.

Dari anak usia sekolah dasar bahkan taman kanak-kanak hingga orang tua tidak terlepas menggunakan smartphone digenggamannya. Zaman seolah secara nyata akan menggerus handpone yang tidak smart. Dan kebutuhan jaringan internet yang cepat semakin menjadi tuntutan. 
 
Sebuah laporan baru dari Emarketer menyatakan bahwa akan terdapat dua miliar pengguna smartphone aktif di seluruh dunia pada tahun 2016. Dan Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai pertumbuhan terbesar, di bawah China dan India. Tiga negara ini secara kolektif akan menambah lebih dari 400 juta pengguna smartphone baru dari 2014 hingga 2018.
 
Menurut laporan ini, Indonesia akan melampaui 100 juta pengguna smartphone aktif pada tahun 2018, menjadikannya negara dengan populasi pengguna smartphone terbesar keempat di dunia (di belakang China, India, dan Amerika Serikat).
 
Pada tahun 2014, ada empat negara Asia yang menduduki enam besar negara dengan jumlah pengguna internet terbanyak yakni China, India, Jepang, dan Indonesia. Indonesia sendiri kini menduduki peringkat keenam dengan jumlah 83,7 juta pengguna di belakang Jepang yang berada di peringkat kelima dengan jumlah 102,1 juta.
 
"Mobile phone dan koneksi mobile broadband yang murah telah meningkatkan akses dan penggunaan internet di negara-negara dimana fixed internet tidak terjangkau bagi konsumen, entah karena kurangnya infrastruktur atau biaya yang tidak terjangkau," kata Senior Forecasting Analyst eMarketer, Monica Peart.
 
Secara nasional, jumlah pelanggan data XL saat ini mencapai sekitar 30.000.000 pelanggan. Dan 16.100.000 di antaranya merupakan pengguna smartphone. 
 
XL juga telah memiliki jaringan infrastruktur fiber optik sepanjang lebih dari 30.000 KM serta lebih dari 52.000 BTS 3G/2G yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.
 
Melihat begitu besarnya potensi pengguna smartphone dengan tuntutan akses internet yang cepat, XL Axiata meluncurkan jaringan selular 4G LTE.
 
Untuk menjawab kebutuhan masyarakat tersebut XL Axiata meluncurkan uji coba layanan internet 4G LTE untuk pelanggannya pada Selasa 28 Oktober 2014 lalu. XL memberi nama layanan internet kecepatan tinggi ini dengan sebutan Real Mobile 4G-LTE (Long Term Evolution).
 
"Peluncuran layanan mobile 4G-LTE ini menjadi kado yang istimewa di ulang tahun XL yang ke-18, semoga dapat memberikan manfaat yang positif bagi masyarakat," ujar Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi pada acara peluncuran di Jakarta, Selasa (28/10/2014) lalu.
 
Sebagai tahap awal, pengguna XL bisa mencoba layanan internet 4G LTE secara gratis hanya di beberapa wilayah di Jakarta, yaitu di Xplor Center Mall Kota Casablanca, Mall Central Park, dan Mall Senayan City.Secara bertahap, layanan internet kecepatan tinggi ini akan diperluas di beberapa wilayah lain di luar Jakarta.
 
Sistem telepon selular generasi ke empat ini menghadirkan berbagai keunggulan dibanding pendahulunya 3G seperti download video kualitas tinggi, LTE dengan mulus bisa menjalankan televisi on demand, game online kualitas tinggi sampai iklan berbasis video. Ini karena kecepatan aksesnya yang besar.
 
Layanan tersebut memiliki kecepatan hingga 100 Mbps. Jika tidak mendapatkan jaringan 4G, Anda dapat menikmati layanan internet dengan jaringan HSPA+ dengan kecepatan hingga 42 Mbps.
 
Untuk akses web dan download konten tehnologi LTE memiliki keunggulan besar mendownload musik berukuran 5MB hanya butuh waktu sekitar 5 detik. Bandingkan dengan jaringan 3G yang perlu 40 detik.
 
Untuk meningkatkan kualitas jaringan, hingga saat ini XL masih melakukan transformasi jaringan di beberapa kota seperti Jakarta, Bogor, Surabaya, Malang, Bandung, dan Denpasar. Pada tahun 2015 ini, XL juga akan terus memperluas jaringan ke beberapa kota seperti Medan, Palembang, Mataram, Banjarmasin, Makassar, Semarang, Yogyakarta, Sidoarjo, dan Serang.
 
Dengan segenap keunggulannya itu, tehnologi 4G LTE di klaim akan menguntungkan konsumen.

Pewarta: Herry Murdy Hermawan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015