Kapolres Banjar AKBP Andri Koko Prabowo menyatakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) aman terkendali menjelang pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di 140 desa, Senin (24/5).

"Alhamdulilah, hasil monitoring situasi kamtibmas aman terkendali, semua tahapan persiapan telah rampung tinggal pencoblosan besok," kata AKBP Andri Koko Prabowo di Martapura, Minggu.

Ia menyebutkan sebanyak 245 personel gabungan siap mengamankan 346 tempat pemungutan suara (TPS) yang melaksanakan pencoblosan guna memilih kepala desa setempat.

Polres Banjar juga di-backup penuh Kodim 1006/Martapura untuk pengamanan pilkades, termasuk unsur linmas di setiap TPS.
 
Kapolres Banjar AKBP Andri Koko Prabowo saat apel pergeseran pasukan pengamanan Pilkades Serentak 2021. ANTARA/Firman


Koko mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga persaudaraan dan kedamaian dalam suasana pilkades sehingga tidak memicu adanya unsur persaingan, apalagi permusuhan.

"Mari sambut pesta demokrasi pilkades ini dengan hati riang gembira. Siapa pun yang menang itulah pilihan mayoritas warga sehingga harus didukung," katanya menegaskan.

Karena pada masa pandemi COVID-19, Koko pun mengingatkan masyarakat akan protokol kesehatan agar mematuhi prokes selama tahapan pencoblosan di TPS.

"Di sinilah tugas pihak penyelenggara pemungutan suara di TPS untuk mengingatkan selalu. Jika ada warga yang membandel atau justru pelaksanaan di TPS yang melanggar prokes, aparat bisa mengambil tindakan sesuai dengan prosedur," katanya.  

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021