Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry didampingi Wakil Bupati Syamsuri Arsyad menyerahkan bantuan untuk para korban kebakaran, di Desa Bajayau Tengah, Kecamatan Daha Barat.

Ia mengatakan, bantuan yang diberikan hari ini adalah bantuan tanggap darurat dan juga ikut prihatin atas terjadinya musibah kebakaran ini, serta mengharapkan para korban kebakaran bisa lapang dada dalam menerima ujian ini.

"Kita bisa memaknai dan selalu sabar menerima cobaan yang diberikan Allah, karena dibalik musibah itu pasti ada hikmah yang terbaik," katanya, saat penyerahan bantuan, Rabu (19/5) pagi.

Baca juga: Bupati HSS berduka, lansia asuh "Nenek Rumsah" meninggal dunia

Dijelaskan dia, meskipun bantuan untuk perbaikan rumah nominalnya tidak terlalu besar, tapi paling tidak ini adalah bantuan pemerintah yang bisa diberikan, serta mengajak bergotong royong untuk bisa meringankan beban warga yang terkena musibah.

Penyerahan bantuan ini juga langkah dari pemerintah daerah yang terus berusaha, pada saat masyarakatnya kena musibah, pemerintah ada di tengah masyarakat untuk berbagi beban.

Dengan kejadian ini, supaya bisa menjadi pelajaran bagi semua pihak ke depannya agar lebih berhati-hati terhadap arus listrik, yang bisa memicu terjadinya musibah kebakaran.

Untuk penyerahan bantuan, meskipun berada di kecamatan terujung di HSS dengan jarak ke desa yang lumayan jauh, dan hanya bisa menaiki kendaraan roda dua, tidak menyurutkan niat Bupati dan Wakil Bupati HSS sampai ke lokasi kebakaran menyerahkan bantuan dan melihat langsung situasi di sana.

Bantuan yang diberikan yaitu bantuan sosial dari Dinas Sosial yakni uang tunai untuk perbaikan rumah, dokumen kependudukan dari Dinas Dukcapil, dan perlengkapan sekolah bagi siswa dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Baca juga: Bupati HSS serahkan bantuan untuk korban kebakaran Pakan Dalam

Adapun kebakaran sebelumnya terjadi Kamis (13/5) sekitar Pukul 11.00 Wita, bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri 1442 H, telah menghanguskan dua unit rumah, satu unit rumah milik Duan dengan kerusakan 100 persen, dan satu rumah milik Mahrani juga ikut terbakar dengan kerusakan 25 persen.

Karena kejadian kebakaran tersebut, Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M.AP bersama Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, S.AP, MA pagi tadi bertolak ke lokasi kebakaran untuk bisa menyerahkan bantuan terhadap warga yang tertimpa musibah kebakaran rumah, Rabu (19/05).

Turut hadir, Kepala Dinas Sosial Nordiansyah, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bardamaini, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Hj. Siti Erma,, Kepala Dinas Perhubungan Tafrinsyah, Plt. Camat Daha Barat Ahmad Yani, Kepala Desa Bajayau Tengah beserta samping desa.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021