Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H. Achmad Fikry meninjau dan menyerahka secara langsung bantuan untuk para korban di lokasi kebakaran yang terjadi beberapa hari yang lalu di Desa Pakan Dalam, Kecamatan Daha Utara.

Ia mengatakan, hari ini menyerahkan bantuan untuk korban kebakaran di Desa Pakan Dalam untuk bantuan perbaikan rumah, dari 15 rumah total bantuan diserahkan Rp102 juta.

"Bantuan yang kita berikan sesuai dengan tingkat kerusakan yang telah diverifikasi oleh tim kita, dan setiap terjadinya kebakaran itu turun pemerintah daerah juga memberikan bantuan tanggap darurat seperti beras dan sebagainya," katanya, saat memberikan keterangan, Selasa (9/3).

Baca juga: 15 rumah di Pakan Dalam terbakar, dua relawan pemadam luka ringan

Dijelaskan dia, bersyukur masyarakat pun bergotong royong mengumpulkan dana membantu korban kebakaran, dan dana untuk perbaikan rumah diserahkan karena rumah ini harus cepat untuk tempat warga terdampak kebakaran berteduh.

Dan disamping, sekarang ini korban kebakaran tinggal ditempat tempat keluarga dan tetangga, mereka tidak mau ditampung di penampungan, supaya cepat mereka tidak terlalu lama di tempat keluarga.

Ia berpesan, agar cepat dibangunlah rumah untuk tempat tinggal, kedua diserahkan dokumen-dokumen catatan sipil kepada mereka, sebab KTP mungkin ada yang terbakar dan kartu keluarga yang terbakar serta akta kelahiran semuanya ikut diserahkan.

Baca juga: Kebakaran di Pasar Negara diduga karena arus pendek

"Selain itu, diserahkan bantuan untuk anak sekolah berupa tas dan pakaian, berikutnya tadi dari 15 rumah tadi ada tujuh buah rumah pelanggan PDAM tentu rusak pada saat penyambungan gratis, maka akan digratiskan pemasangan kembali jaringan PDAM setelah rumah mereka selesai diperbaiki," katanya.

Menurut dia, ini langkah-langkah dalam bantuan dan terus akan dikawal, termasuk kesehatan warga itu terus dikawal oleh puskesmas agar mereka tetap sehat. Dan penanganan para korban cepat tertangani dengan baik.

Dan mengingatkan, upaya terpenting adalah agar lebih hati-hatilah di rumah karena ada aliran listrik dan lain-lain, apalagi di Negara rumahnya sangat padat berdempitan, selain dari pemerintah daerah juga ada Baznas HSS menyerahkan bantuan untuk korban kebakaran.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021