Amuntai, (Antaranews Kalsel) - Angka pengangguran terbuka di Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan, sekitar 2,83 persen dari 290 ribu penduduk setempat.


Wakil Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H Husairi Abdi di Amuntai, Rabu mengatakan, pemerintah daerah mendorong angkatan kerja di daerah agar membuka lapangan kerja sehingga bisa mengurangi pengangguran.

"Pengangguran terbuka adalah penduduk yang sudah berupaya mencari pekerjaan, namun tidak tersedia lapangan kerja yang bisa menampung mereka," ujarnya.

Para pencari kerja ini, lanjut dia, tidak memiliki bekal keterampilan dan keahlian yang dibutuhkan lapangan kerja sehingga menjadi pengangguran.

Husairi mengemukakan, pelatihan berbasis kompetensi salah satu upaya pemerintah daerah untuk mengurangi angka pengangguran bahkan mendorong tenaga kerja membuka lapangan kerja baru.

Membuka pelatihan berbasis kompetensi di Aula Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Husairi berharap angkatan kerja perlu dibekali pelatihan dan keterampilan kerja yang benar-benar dibutuhkan lapangan kerja agar nantinya tidak menganggur.

Menurut Husairi dalam rilisnya, dengan memiliki bekal keahlian yang sesuai kebutuhan masyarakat, upaya selanjutnya mendorong tenaga kerja membuka usaha sendiri, sehingga tercipta lapangan kerja baru.

Kepala Dinas Sosial Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Hulu Sungai Utara Rizali Eswansyah, menuturkan, sebanyak 192 peserta mengikuti pelatihan berbasis kompetensi yang dilaksanakan dari Maret hingga Mei 2015.

"Sebenarnya hampir 300 orang yang melamar namun dibatasi sesuai anggaran yang tersedia sebanyak 192 orang," terang Rizali.

Pelatihan dilaksanakan di dua lokasi yakni di Lola Latihan Kerja (LLK) Amuntai sebanyak 80 peserta dan di desa-desa sebanyak 112 orang peserta.

Jenis pelatihan yang diberikan yakni menjahit, operator komputer, elektronika, teknik otomotif/kendaraan ringan, instalasi listrik, las listrik, budi daya ikan air tawar dan mebeler aluminium.

  Rizali menjelaskan maksud dan tujuan pemberian pelatihan berbasis kompetensi ini untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja yang profesional dan siap kerja.    

Pewarta: Oleh Imam Hanafi

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015