Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal ZA mengusulkan agar pelaksanaan vaksinasi bagi warga lanjut usia dilaksanakan dengan mendatangi dari rumah ke rumah.

Hal itu disampaikan Safrizal saat meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 massal di posko penumpang kapal laut , Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Sabtu bersama Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Kalsel Muslim dan tim lainnya.

"Untuk mempercepat penyelesaian vaksinasi, saya harap petugas bisa mendatangi ke rumah warga, terutama yang telah lansia," katanya.

Safrizal mengungkapkan, biasanya orang tua tidak bisa melakukan bepergian terlalu jauh, sehingga harus difasilitasi oleh tim kesehatan dengan mendatangi langsung ke tempat tinggalnya.

Selain itu, tambah dia, vaksinasi juga dilaksanakan di posyandu desa dan lainnya, yang memudahkan para orang tua untuk mendapatkan dukungan kesehatan.

Selain untuk memudahkan para orang tua, diharapkan langkah tersebut, juga akan mempercepat penyelesaian target vaksinasi hingga Juni.

"All out kita harapkan vaksinasi selesai sampai Juni untuk layanan publik dan lansia," katanya.

Didampingi Sekda Kalsel Roy Rizali Anwar dan Bupati Tanbu HM Zairullah Azhar, Safrizal mengatakan, sasaran lansia di Kabupaten Tanah Bumbu lebih kurang 26 ribu.

Sehingga kerja keras dan kerja bersama untuk bisa menuntaskan realisasi pencapaian target.

"Dari 26 ribu lansia di Tanah Bumbu, 30 persennya telah divaksin, saya harapkan sisanya sudah bisa diselesaikan hingga Juni," katanya.

Waka Satgas Nasional Penanganan COVID-19 ini mengatakan, Pemprov Kalsel berupaya mempercepat cakupan vaksinasi bagi golongan lanjut usia (lansia) dan layanan publik.

Khusus untuk lansia, tambah dia, termasuk kelompok berisiko tinggi, yang apabila tertular COVID-19 justru akan memperburuk kondisi kesehatan mereka.

Ditambahkan Safrizal, vaksin tahap II untuk lansia dan pelayanan publik juga sudah tersedia.

"Vaksin siap, kita juga sudah mengunjungi gudang penyimpanan vaksin di kawasan perkantoran Pemkab Tanah Bumbu," katanya.

Turut hadir Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Roy Rizali Anwar, Bupati Tanah Bumbu H Zairullah Azhar, Kepala Dinas Kesehatan Muslim dan yang lainnya.

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021