Kapal Jembatan Musi II yang membawa penumpang dari Pelabuhan Fery Batulicin Tanah Bumbu menuju Pelabuhan Tanjung Serdang Kotabaru Kalimantan Selatan, kandas di bagian timur Pulau Suwangi akibat kabut hujan yang tebal dan angin kencang di wilayah tersebut sejak pukul 11.40 Wita.

Kepala PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Persero Cabang Batulicin, Masagus Hamdani melalui Meneger Usaha Akhmad Sunedi di Tanah Bumbu, kamis, mengatakan kapal tersebut membawa penumpang sekitar 23 orang, kendaraan roda dua tujuh unit, mobil sejenis truk empat unit dan mobil sekelas kijang dua unit.

"Kini semua penumpang orang sudah dilakukan evakusi mengunakan kapal patroli Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas pelabuhan (KSOP) Batulicin bersama kapal patroli milik Pol Air Polres Tanah Bumbu menuju Pelabuhan Tanjung Serdang. Dan Alhamdulillah tidak ada korban jiwa," katanya.

Dia menjelaskan, hingga saat ini badan kapal belum dapat digerakkan akibat kandas. Dan petugas menunggu air pasang untuk melakukan evakusi badan kapal tersebut.
 
Kendalanya saat ini, kapal Jembatan Musi II belum dapat dilakukan evakusi ke tengah laut akibat dangkalnya air. Apabila hal tersebut tetap dipaksakan khawartirnya kapal yang akanmeng evakusi mengalami hal yang sama.

Secara terpaksa, kru kapal Jembatan Musi II harus menunggu pasang air laut agar kapal tersebut dapat bergerak. Dan diperkirana air laut pasang akan terjadi sekitar pukul 23.00 wita.

Saat ini petugas juga menyiapkan kapal besar untuk tetap berjaga-jaga apabila sewaktu-waktu diperlukan.

"Meski demikan pelayanan pelayaran terhadap calon penumpang kapal dari Batulicin-Tanjung Serdang dan sebaliknya, tetap dapat terlayani mengunakan kapal lain milik PT ASDP sendiri," pungkasnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021