Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan terus berupaya meningkatkan pengawasan manajemen ketenagakerjaan untuk mencapai target zero insiden dan meningkatkan kesejahteraan karyawan.

Pj Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar di Banjarmasin, Kamis, mengatakan upaya menekan angka kecelakaan kerja bahkan hingga nol menjadi salah satu fokus pengawasan terhadap manajemen perusahaan di Kalsel.

"Kami akan terus berupaya meningkatkan kesejahteraan pekerja dan dapat menekan angka kecelakaan kerja hingga zero insiden," kata Roy.

Sebelumnya, Pemprov Kalsel menerima anugerah pembina Penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) terbaik 2021.

Menurut Roy, penghargaan tersebut, merupakan prestasi yang sangat membanggakan bagi Pemprov Kalsel khususnya maupun para pekerja/karyawan di perusahaan yang ada di daerah ini.

"Kami bersyukur atas apresiasi terhadap kinerja gubernur Kalsel dalam melakukan pembinaan keselamatan dan kesehatan tenaga kerja, ini semua adalah prestasi yang diraih bersama sinergi antara pemerintah provinsi, perusahaan dan para pekerja tentunya," kata Roy.

Atas torehan penghargaan ini pula, Roy ingin menjadikan motivasi jajaran dinas terkait dan stake holder untuk semakin meningkatkan pembinaan sekaligus perbaikan manajemen tenaga kerja di perusahaan – perusahaan.

Sebelumnya, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) memberikan anugerah pembina Penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) kepada kepala daerah atas dedikasi dan kebijakan terukur dalam membina dan memotivasi penerapan K3 di lingkungan perusahaan.

Penghargaan tersebut merupakan penghargaan ke lima kalinya diterima oleh Pemprov Kalsel sejak 2017-2021.

Penghargaan K3 bertujuan memotivasi pemerintah daerah perusahaan, dan pekerja untuk mengimplementasikan K3 dengan lebih baik.

Penghargaan Pembina K3 tahun 2021 dari Kemenaker RI yang diserahkan Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziah kepada penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar di Jakarta.

Kepala Dinas Transmigrasi dan Ketenagakerjaan Provinsi Kalimantan Selatan, Siswansyah mengatakan penghargaan ini diraih berkat kerja sama antara dinas dengan perusahaan yang ada di Kalsel.

"Sehingga kita berhasil meraih penghargaan ini dari ibu Menteri Kemenaker RI," pungkasnya.

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021