Wali Kota Banjarbaru H M Aditya Mufti Ariffin mencanangkan gerakan sadar bayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat membayar kewajibannya selaku pemilik aset. 

Pencanangan dilakukan, Senin di halaman kantor Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Banjarbaru dirangkai penyerahan bantuan berupa mobil layanan pajak secara simbolis dari Bank Kalsel.

"Kami berharap melalui pencanangan gerakan sadar bayar PBB ini mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam memenuhi kewajibannya dan dananya bisa digunakan pemerintah untuk pembangunan," ujarnya. 

Ia mengatakan, target PBB tahun 2020 sebesar Rp14,02 miliar dan sekarang sudah mencapai 20 persen sehingga diharapkan menjelang akhir tahun, penerimaan naik 5 kali lipat dan target bisa terlampaui.

Ditekankan, pihaknya mengapresiasi  jajaran BPPRD yang terus berinovasi dalam pelayanan pajak di Banjarbaru termasuk manajemen Bank Kalsel yang selalu mendukung peningkatan PAD di kota berjuluk Idaman.

"Hari ini, kami menerima hibah satu unit mobil operasional dari Bank Kalsel. Dukungan ini, tentu sangat bermanfaat dan menjadi penyemangat kami dalam memberikan pelayanan kepada masyakat," ucapnya.

Kepala BP2RD Banjarbaru Rustam Effendi, mengatakan kegiatan itu sebagai upaya pemerintah dalam memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang kewajiban pembayaran PPB tiap tahunnya.

"Gerakan yang diawali pembayaran PBB pejabat dan anggota DPRD ini menjadi contoh kepada masyarakat bahwa pejabat daerah taat membayar pajak PBB. Ini menjadi langkah awal yang baik bagi masyarakat," ujarnya.

Kepala Bank Kalsel Cabang Banjarbaru Fachriza Nor Asli berharap penyerahan mobil dapat memberikan manfaat terhadap Pemkot Banjarbaru dalam optimalisasi penerimaan PAD khususnya di sektor pajak.

"Bank Kalsel selalu bersinergi dan mendukung program-program Pemkot Banjarbaru. Semoga bantuan hibah mobil layanan keliling bermanfaat dan memudahkan pelayanan pajak dan meningkatkan pendapatan," ujar dia.

Sementara itu, usai pencanangan, wali kota bersama Ketua DPRD Banjarbaru Fadliansyah memenuhi kewajibannya membayar pajak di mobil layanan keliling yang akan dioperasikan untuk membantu masyarakat. 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021